Hampir 17 Bulan, Tingkat Kepatuhan Masyarakat Terhadap Prokes Belum Maksimal

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM, BUKITTINGGI – Sudah hampir 17 bulan pandemi namun tingkat kepatuhan masyarakat masih belum maksimal sesuai yang diharapkan bersama.

“Kita masih melihat di tengah masyarakat masih belum percaya dengan kondisi dan resiko pandemi ini,” terang Humas RSAM Bukittinggi, Mursalman Chaniago,SH,MM, saat dihubungi Minangkabaunewscom melalui pesan WhatsApp pada Selasa (31/8/2021).

Read More

Mursalman lebih lanjut mengatakan, dengan adanya Perda no. 6 tahun 2020 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) diharapkan sekali penerapan prokes ini berjalan lebih maksimal.Tapi kenyataannya rasanya masih jauh dari harapan.

Dengan kondisi ini program pemerintah dalam penanganan pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) ini, terutama dalam hal memutus rantai penularan virus Covid-19 harus lebih ditingkatkan lagi. Salah satunya dengan memaksimalkan masyarakat Indonesia untuk vaksinasi.

“Yang pasti kita dari rumah sakit / nakes tentu tetap optimis dalam hal memberikan edukasi dan pelayanan maksimal terhadap pasien dan keluarga serta masyarakat secara keseluruhan,” jelas Mursalman ch yang akrab di sapa pak cha ini.

Ia menambahkan, salah satunya dengan menyampaikan kondisi sebenarnya di RSAM Bukittinggi yang merupakan salah satu rumah sakit rujukan Covid-19 di Sumbar bagian utara.

“Inilah wujud salah satu edukasi rumah sakit pada masyarakat bahwa virus Covid19 ini ada,” imbuh Mursalman.

Pihaknya berharap pada masyarakat untuk melindungi diri sendiri, keluarga dan masyarakat tentunya dengan menerapkan prokes yang ketat, yakni dengan memakai masker, mencuci tangan pakai sabun/hand sanitizer, menjaga jarak/menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas/bepergian kecuali untuk keperluan sangat mendesak/urgen.

“Yang tak kalah pentingnya dengan prokes dan luasnya cakupan vaksinasi tentu membantu tenaga kesehatan juga dalam mengurangi jumlah masyarakat yang terkonfirmasi Covid19 itu,” tutup Mursalman Chaniago mengakhiri.

Related posts