Harga Pinang Turun, Warga Desa Betumonga Sipora Mentawai Fokus Panen Olah Kelapa

MINANGKABAUNEWS.COM, MENTAWAI – Tingginya harga kopra di Kabupaten Kepulauan Mentawai membuat, sebagian masyarakat khususnya warga Desa Betumonga Kecamatan Sipora Utara, fokus melakukan pemanenan buah kelapa dari pada buah pinang yang mana saat ini mengalami harga anjlok.

Penyuluh pertanian Desa Betumonga Kecamatan Sipora Utara Kabupaten Kepulauan Mentawai Wenderson Saogo menyebutkan, naiknya harga kopra saat ini, masyarakat fokus memanen buah kelapa dari pada pinang.

Read More

Harga kopra mentah mencapai Rp 5.000, dan kopra salai (jemur) mencapai harga Rp 11.000 – 12.000 per kilogramnya, sementara kelapa bulat mencapai Rp 2000 hingga Rp 3000, sebut Wenderson, Rabu (02/03/2022).

Khususnya masyarakat Desa Betumonga saat ini fokus melakukan panen kopra dari pada pinang, ujarnya.

Disebutkannya, harga kopra yang naik dari bulan Januari 2022, sebagian masyarakat yang memiliki tanaman kelapa mengalami peningkatan ekonomi dari harga penjualan kopra, imbuh Wenderson.

“Kita Penyuluh pertanian tetap memberikan inovasi dan motivasi agar masyarakat tetap bercocok tanam dari semua komoditi seperti Kelapa, Pinang dan tanaman lainnya”, ucapnya.

Desa Betumonga berada di wilayah pantai barat Sipora yang sangat cocok ditanami kelapa dan tanah yang sangat subur. Sangat diharapkan masyarakat Mentawai khususnya harus memanfaatkan lahan yang ada. (Tirman)

Related posts