Hari Ini Sholat Idul Adha di Padang Panjang Sebanyak 26 Titik

MINANGKABAUNEWS.COM,PADANG PANJANG – Selenggarakan Sholat Idul Adha, sejumlah Masjid di Kota Padang Panjang. Sabtu (9/7/2022). Dari data Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setdako, tercatat 26 masjid yang menyelenggarakan Salat Id tersebut, sisanya dijadwalkan besok, Ahad (10/7/2022)

“Memang sudah banyak masjid yang menyelenggarakan Salat Iduladha hari ini. Tersebar di 26 masjid yang ada di Padang Panjang,” sebut Kabag Kesra Erwina Agreni, M.Si.

Read More

Untuk besok, tambah Erwina, Pemko Padang Panjang akan memfasilitasi pelaksanaan Salat Iduladha di Islamic Center.

“Selain itu, juga ada beberapa masjid yang melaporkan akan menyelenggarakan Salat Id besok secara mandiri,” katanya.

Perbedaan jadwal ini, ulas Erwina, sudah bisa diterima masyarakat, sesuai dengan keyakinan masing-masing. Tentunya berdasarkan dalil dan pertimbangan yang mereka yakini.

Terkait pelaksanaan ibadah Kurban, tambahnya lagi, beberapa masjid ada yang melaksanakan hari ini, sesuai kesepakatan peserta Kurban.

“Namun ada juga yang melaporkan akan melaksanakan pemotongan pada Ahad, meskipun sudah menyelenggarakan Salat Id hari ini. Mereka mempertimbangkan adanya peserta Kurban yang akan Sholat besok.

Hal ini menggembirakan, sekaligus menyenangkan.

Karena hal ini menunjukkan tingkat toleransi dan saling menghargai di masyarakat Padang Panjang berjalan dengan baik,” terangnya.

Dari pantauan MINANGKABAUNEWS.COM di lapangan, pelaksanaan Sholat Iduladha berlangsung dengan khidmat. Di Masjid Jami’ Nurul Huda, Kelurahan Silaiang Bawah, Kecamatan Padang Panjang Barat, misalnya. Masjid tersebut dipadati masyarakat hingga ke jalan.

Hal serupa juga terlihat di Masjid Nurul Furqan, Kelurahan Tanah Pak Lambik, Kecamatan Padang Panjang Timur. Jemaah tumpah ruah hingga ke jalan dan basement masjid. (Edi Fatra/cg).

Related posts