Hari Jadi Kota Padang Panjang ke-232 Bertabur Prestasi  

MINANGKABAUNEWS.COM, PARLEMENTARIA DPRD KOTA PADANG PANJANG – Peringati Hari Jadi Kota (HJK) ke-232 Kota Padang Panjang bertabur prestasi. Berbagai penghargaan, baik di tingkat nasional dan provinsi berhasil diraih Pemerintah Kota (Pemko) beserta warga kota yang berjuluk Serambi Mekkah tersebut.

Para pemenang yang mengikuti lomba HJK ke-232.

Sederet penghargaan yang diterima Padang Panjang itu, berasal dari prestasi Sekolah Adiwiyata tingkat nasional dan provinsi oleh SDN 11 Padang Panjang Barat (PPB) serta Sekolah Dasar Negeri (SDN) 10 Padang Panjang Timur (PPT).

Para atlet Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIII-2022 di Malang utusan Kota Padang Panjang untuk Sumbar, juga berhasil mengukir prestasi. Diantaranya, cabang lomba catur atas nama Suprianto, biliar atas nama Yuwardi dan Paul Hendri, serta futsal atas nama Rahmad.

Para atlet Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIII-2022 di Malang utusan Kota Padang Panjang untuk Sumbar.

Sementara para atlet Kota Padang Panjang yang turun pada Pospenas IX-2022 di Kota Surakarta, juga berhasil mengharumkan nama Kota Padang Panjang. Mereka adalah Nisrina Alifah Azzahra dari Diniyah Putri untuk Lomba Pidato Bahasa Inggris dan Puthi Andham Wulandari dari Ponpes Kauman Muhammadiyah untuk Cabang Silat. Mereka berdua berhasil meraih medali perak pada ajang Pospenas ini.

Padang ajang MTQ Korpri tingkat nasional 2022, kafilah Kota Padang Panjang yang mewakili Sumbar atas nama Yunadi Hijrah, S.Pd., juga berhasil meraih juara pada cabang lomba penulisan artikel Al Qur’an.

Kemudian disusul Zikril Husna yang juga berhasil menjadi juara pada ajang pemuda pelopor tingkat nasional.

Sementara itu, guna menyukseskan TPAT II-2022, Tim Panitia Pelaksana juga mengadakan Lomba Cipta Puisi yang diikuti pelajar SMP se-Kota Padang Panjang. Quntum Khairunisa berhasil keluar sebagai juara I, Scherzalova Hanabasael (Juara II) dan Ahmad Danil (Juara III).

Di HJK ke-232 ini, Pemko dan DPRD juga memberikan penghargaan kepada Kejaksaan Negeri beserta Polres Padang Panjang. Serta pemberian 10 Pin Emas kepada tokoh masyarakat yang telah berkontribusi dan bersumbangsih untuk Kota Padang Panjang.

Tokoh Adat ikut menghadiri HJK Padang Panjang ke-232.

Adapun 10 tokoh masyarakat yang menerima Pin Emas tersebut, Hazmiar Tamin di bidang seni budaya dan adat istiadat, Muhammad Mahfuz Mustia (bidang keagamaan), Nurmaini (bidang pemberdayaan perempuan), Amperianis (bidang sosial kemasyarakatan).

Amperianis (bidang sosial kemasyarakatan).

Kemudian, Ratni (bidang lingkungan hidup), Ferix Sonanda (bidang kemanusiaan), Syamsir Jamal (bidang olahraga), Mawardi (bidang koperasi, dunia usaha dan UMKM), Endar Madesa (bidang pendidikan) dan Rika Roza (bidang Kesehatan).

Wali Kota Padang Panjang Fadly Amran, mengucapkan selamat kepada para masyarakat yang telah berhasil membawa harum nama Padang Panjang pada momen peringatan HJK ke-232 ini.

“Ini adalah bukti sumbangsih nyata yang diberikan untuk Kota Padang Panjang. Semoga ke depan lebih banyak lagi prestasi yang didapat. Sehingga cita-cita kita untuk membangkit batang tarandam dapat terwujud,” ucap Fadly kepada Minangkabaunews.com, usai mengikuti sidang paripurna peringatan HJK ke-232, Kamis (1/12/2022).

Fadly menambahkan, penghargaan yang diraih ini merupakan bukti, bahwasannya Padang Panjang siap untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di Kota Padang Panjang demi memaksimalkan fungsi pelayanan di tengah masyarakat.

Ketua DPRD Mardiansyah Harapkan Padang Panjang Semakin Berprestasi Diusia ke-232

Selanjutnya, Peringatan Hari Jadi Kota (HJK) Padang Panjang ke-232 melalui Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), merupakan bagian dari rasa syukur dan perwujudan rasa memiliki dan cinta kita kepada Kota Padang Panjang,

“Kita berharap Padang Panjang semakin berkembang, berprestasi, tertata dan sejajar dengan daerah lainnya di Sumatra Barat (Sumbar) maupun nasional. Serta mampu menghasilkan prestasi untuk kebanggaan bersama,” kata Ketua DPRD Kota Padang Panjang Mardiansyah, saat membuka dan memimpin Rapat Paripurna Istimewa HJK 232, di Ruang Sidang DPRD, Kamis (1/12/2022).

Ketua DPRD Kota Padang Panjang Mardiansyah saat membuka dan memimpin Rapat Paripurna.

Mardiansyah mengatakan, masa jabatan Wali Kota Fadly Amran, dan Wakil Wali Kota Asrul, akan berakhir pada 9 Oktober 2023 mendatang. Momentum peringatan HJK tahun ini merupakan momentum peringatan terakhir bagi mereka. Dengan demikian, perlu kerja lebih ekstra untuk menuntaskan capaian visi misi yang telah dituangkan sejauh ini.

Ia sebut, untuk menuntaskan capaian visi misi tersebut, salah satu instrumen pendukung, telah disahkannya Peraturan Daerah (Perda) Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2023. Pihaknya berkomitmen untuk senantiasa mengawasi setiap anggaran yang telah ditetapkan. Sehingga tercipta pemerintahan yang bersih, akuntabel dan menjunjung tinggi norma-norma yang terkandung dalam aturan perundang-undangan.

“Kami berharap setiap program dapat terencana, dan terlaksana serta bermanfaat untuk kepentingan masyarakat. Tahun 2023 yang akan datang, yang juga memasuki tahun politik, merupakan tantangan bagi wali kota dan wakil wali kota ditahun terakhir masa jabatan,” sebut Mardiasyah.

Ia menambahkan, Sport Center sebagai salah satu kegiatan yang menelan biaya yang sangat besar dan bagian dari visi misi, dapat terus dikawal bersama dengan sebaik-baiknya. Sehingga dapat diselesaikan tepat waktu dan dapat dimanfaatkan, terutama untuk Porprov 2023 mendatang.

“Tema Padang Panjang Berprestasi kita harapkan benar-benar mampu diimplementasikan, dihadapi dengan bijak. Sehingga nama Padang Panjang mendapat tempat di nasional maupun internasional,” imbuh Mardiansyah.

Pihaknya mengapresiasi atas seluruh prestasi dan capaian yang telah diraih. Dana Insensif Daerah (DID) yang diraih atas capaian kinerja tahun berjalan serta berbagai capaian lainnya.

Melalui peringatan HJK ke-232 ini, atas nama pimpinan dan seluruh anggota DPRD, pihaknya berharap seluruh elemen selalu bersatu, seiring sejalan dengan sinergi untuk memajukan kota, mensejahterakan masyarakat, menggerakkan ekonomi kota serta meraih prestasi yang mampu mengharumkan nama baik Kota Padang Panjang.

“Selamat hari jadi Kota Padang Panjang yang ke-232. Semoga Allah SWT selalu memberikan keberkahannya kepada kita semua untuk mengabdi bagi kota kecil yang kita cintai ini,” tutup Mardiansyah. (Edi Fatra)

Related posts