Heboh, Polres Solok Kota Bayar Zakat 700.000.000

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS, SOLOK – Luar biasa dan bikin kita iri, Polres Solok Kota bayarkan zakat pada Badan Amil Zakat Nasional Kota Solok sebesar Rp. 700.000.000.

Zakat tersebut membuat kita merasa iri dan megap-megap ingin ikut membersihkan harta kita, agar berkah dan penuh rahmat. Terutama bagi Muzzaki yang tergolong mampu dan punya kelebihan harta.

Read More

Besarnya partisipasi Polres Solok Kota dalam membayangkan zakatnya, diganjar penghargaan oleh Baznas Kota Solok.

Penghargaan tersebut diserahkan Walikota Solok Zul Elfian Umar, Kamis (15/12/2022) lalu, dan diterima langsung Kapolres Solok Kota AKBP Ahmad Fadilan dalam upacara resmi yang digelar di Mako Polres Solok Kota.

Ditemui MinangkabauNews.com, Sabtu (17/12/2022), Ketua Baznas Kota Solok AKBP (Purn) M. Zaini mengatakan zakat akan membersihkan diri dari dosa. Zakat juga dapat mensucikan diri dari sifat “cinta harta”.

Selain itu, sebut Zaini, zakat juga akan membersihkan diri dari segala sifat jelek akibat harta, seperti kikir, tamak, dan semacamnya.

Hal itulah yang kemudian membuat Rasulullah SAW memerintahkan sahabatnya untuk menarik zakat dari kaum Muslimin.

“Zakat Rp. 700.000.000 dari Polres Solok Kota dibayarkan semenjak tahun 2019 – 2022. Kami sangat mengapresiasi Polres Solok Kota yang komitmen menyalurkannya pada Baznas Kota Solok” kata Zaini.

“Menunaikan zakat mendatangkan keberkahan dan tidak membuat seseorang miskin, tapi membuat harta menjadi berlipat. Baznas bertugas membagikannya pada Mustahik” Tuturnya.

Di sebutkan dalam Al Qur’an Surat At Taubah ayat 103, Allah berfirman :

خُذْ مِنْ أَمْوَٰلِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيهِم بِهَا وَصَلِّ عَلَيْهِمْ ۖ إِنَّ صَلَوٰتَكَ سَكَنٌ لَّهُمْ ۗ وَٱللَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ

Artinya:”Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

QS. Al Baqarah: 43
وَاَقِيْمُوا الصَّلٰوةَ وَاٰتُوا الزَّكٰوةَ وَارْكَعُوْا مَعَ الرَّاكِعِيْنَ

Artinya: “Dan laksanakanlah salat, tunaikanlah zakat, dan rukuklah beserta orang yang rukuk.”

QS. Al Baqarah: 276

يَمْحَقُ اللّٰهُ الرِّبٰوا وَيُرْبِى الصَّدَقٰتِ ۗ وَاللّٰهُ لَا يُحِبُّ كُلَّ كَفَّارٍ اَثِيْمٍ

Artinya: “Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah. Allah tidak menyukai setiap orang yang tetap dalam kekafiran dan bergelimang dosa.”

QS. At Taubah: 103
خُذْ مِنْ اَمْوَالِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيْهِمْ بِهَا وَصَلِّ عَلَيْهِمْۗ اِنَّ صَلٰوتَكَ سَكَنٌ لَّهُمْۗ وَاللّٰهُ سَمِيْعٌ عَلِيْمٌ

Artinya: “Ambillah zakat dari harta mereka, guna membersih kan dan menyucikan mereka, dan berdoalah untuk mereka. Sesungguhnya doamu itu (menumbuhkan) ketenteraman jiwa bagi mereka. Allah Maha Mendengar, Maha Mengetahui.”

QS. At Taubah: 35

يَّوْمَ يُحْمٰى عَلَيْهَا فِيْ نَارِ جَهَنَّمَ فَتُكْوٰى بِهَا جِبَاهُهُمْ وَجُنُوْبُهُمْ وَظُهُوْرُهُمْۗ هٰذَا مَا كَنَزْتُمْ لِاَنْفُسِكُمْ فَذُوْقُوْا مَا كُنْتُمْ تَكْنِزُوْنَ

Artinya: “(Ingatlah) pada hari ketika emas dan perak dipanaskan dalam neraka Jahanam, lalu dengan itu disetrika dahi, lambung dan punggung mereka (seraya dikatakan) kepada mereka, “Inilah harta bendamu yang kamu simpan untuk dirimu sendiri, maka rasakan lah (akibat dari) apa yang kamu simpan itu.”

QS. Al Bayyinah: 5
وَمَآ اُمِرُوْٓا اِلَّا لِيَعْبُدُوا اللّٰهَ مُخْلِصِيْنَ لَهُ الدِّيْنَ ەۙ حُنَفَاۤءَ وَيُقِيْمُوا الصَّلٰوةَ وَيُؤْتُوا الزَّكٰوةَ وَذٰلِكَ دِيْنُ الْقَيِّمَةِۗ

Artinya: “Padahal mereka hanya diperintah menyembah Allah dengan ikhlas menaati-Nya semata-mata karena (menjalankan) agama, dan juga agar melaksanakan salat dan menunaikan zakat; dan yang demikian itulah agama yang lurus (benar).”

QS. Adz Dzariyat: 19
وَفِيْٓ اَمْوَالِهِمْ حَقٌّ لِّلسَّاۤىِٕلِ وَالْمَحْرُوْمِ

Artinya: “Dan pada harta benda mereka ada hak untuk orang miskin yang meminta dan orang miskin yang tidak meminta.” ***


Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Minangkabaunews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Related posts