HUT Sakato Bike, Ribuan Goweser se- Sumatera Jelajahi Alam Bukit Palano Mungka

Pembukaan iven funbike Jelajah Alam Bukit Palano (JABP) II di Kecamatan Mungka, Limapuluh Kota, dalam rangka HUT Sakato Bike, Minggu (5/12). (Foto: Aking/MKN)

MINANGKABAUNEWS.COM, LIMAPULUH KOTA – Ribuan goweser se-Sumatera berjejer memadati arena Bukit Palano, Kecamatan Mungka, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat, Minggu (5/12) kemarin. Para pesepeda tersebut mengikuti Jelajah Alam Bukit Palano (JABP) II yang digelar komunitas sepeda papan atas Sakato Bike.

Iven akbar funbike yang melibatkan lebih kurang seribu orang pesepada kaum hawa, kalangan pelajar dan remaja itu mengundang decak kagum penggemar olahraga bersepeda.

Read More

Terutama pesepeda yang suka tantangan ekstrim. Karena para peserta harus melewati medan mendaki dan menurun yang cukup terjal. Adu nyali para goweser se-Sumatera ini sepanjang 35 Kilometer.

“Saya sangat menikmati iven fun adventure Sakato Bike Limapuluh Kota. Medannya cukup menantang, pemandangannya alamnya juga indah,” ucap Efendi Nauli, peserta dari Muara Bulian, Provinsi Jambi.

Hal senada turut dilontarkan Ayen Siftin, pesepeda dari Kota Dumai, Provinsi Riau. Tidak hanya tantangan, para pesepeda juga disuguhi pemandangan alam yang menakjubkan.

“Maha besar Allah yang menciptakan bumi alam Bukit Palano ini. Kita bersemangat mengikuti iven ini,” sebutnya.

Pendiri Sakato Bike Limapuluh Kota, Prima Myfirstson, S.Pd yang juga Penggagas JABP mengaku tidak percaya, perhelatan rangkaian HUT 2 Sakato Bike, bakal meledak oleh peserta.

“Tak hanya itu, para sponsor pun cukup berjibun memberikan donasi berbentuk hadiah dan doorprize,” katanya.

Prima menambahkan, dukungan yang mengalir cukup deras dari berbagai elemen, membuat pihaknya bersama kawan-kawan Sakato Bike lebih percaya diri menggelar iven yang sama di setiap tahun.

“InsyaAllah, iven ini akan kita upayakan menjadi iven tahunan,” kata Prima, yang juga Wakil Ketua Bamus di nagari Sungai Antuan, Kecamatan Mungka.

Momentum JABP tahun ini, menurutnya, juga dilakukan dalam rangka meningkatkan ekonomi masyarakat yang lemah akibat covid 19. Kegiatan tersebut merupakan era kebangkitan semangat pemuda dari Luak Limopuluah, khususnya di Kecamatan Mungka.

“Sebagai generasi muda, kita ingin ikut berpartisipasi dan memberi kontribusi buat daerah dan nagari,” tambah Prima yang merupakan MC yang cukup ternama di Ranah Minang.

Tampak hadir dalam dalam pembukaan iven funbike, Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt Bandaro Rajo yang melepas secara resmi bersama Ketua DPRD, Deni Asra, yang juga selaku pembina Sakato Bike.

Kemudian, anggota DPRD Yos Sariadi, pimpinan BUMN/BUMD seperti BRI, BNI, Bank Nagari, serta sejumlah sponsor lainnya. Total hadiah yang disebar kepada peserta sebanyak 150 unit, dengan total senilai Rp50 juta.

Saat undian buat seluruh peserta, di antara yang beruntung dalam iven tersebut, adalah Kas dari komunitas sepeda salingka Singkarak Kabupaten Solok, Ernanto, dari komunitas CSS Kota Padang.

Masing-masing beruntung mendapatkan hadiah berupa sepeda Gunung senilai Rp10 juta yang bersumber dari Ketua DPRD Limapuluh Kota, Deni Asra.

Kemudian, 3 lemari es tersedia, satu di antaranya juga jatuh kepada, Irfan, ASN kantor wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumbar.

Sisanya diboyong, Igo, dari Pincuran Tujuah Bike, dan Fika pesepeda asal Kerinci Jambi, selanjutnya goweser Kabupaten Siak, dan Indragiri Hulu.

Sementara itu, 7 hadiah sepeda lainnya diraih goweser-goweser dari komunitas sepeda Koto Nan Gadang, Payakumbuh Utara, komunitas sepeda Kota Padang, Padang Panjang dan Muaro Bungo, Jambi. (akg)

Related posts