HUT TNI AL ke-76 di Lantamal II Padang Diperingati Secara Sederhana

  • Whatsapp
Hut TNI AL ke-76 di Lantamal II Padang
Hut TNI AL ke-76 di Lantamal II Padang.

MINANGKABAUNEWS, PADANG — Tepatnya pada tanggal 10 September tahun 1945 TNI Angkatan Laut dibentuk. Berbagai perjuangan dan pengorbanan yang sudah dilakukan oleh para pendahulu dari prajurit Matra Laut, demi Bangsa dan Negara.

Bertempat di Markas Komando (Mako) Lantamal II, Jalan Bukit Peti-peti, Teluk Bayur Padang, dilaksanakan Upacara memperingati hari jadi TNI AL ke-76, Jumat (10/09/2021).

Read More

Bertindak sebagai Inspektur Upacara atau Irup Danlantamal II Laksamana Pertama TNI Hargianto dan dihadiri Wadanlantamal Kolonel Marinir Freddy JH Pardosi, PJU, Kasatker, Pleton Pamen Lantamal, Pleton Pama Lantamal, Prajurit Mako Lantamal, Prajurit dari Satuan Kapal Patroli, Prajurit Yonmarhan dan PNS Lantamal II.

Komandan Lantamal II Padang Laksamana Pertama TNI Hargianto mengatakan perayaan hari jadi TNI AL kali ini mengangkat tema “Dengan semangat Jalesveva Jayamahe Kita Wujudkan Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh” dan diselenggarakan secara sederhana.

“Upacara dilakukan oleh internal Lantamal II sendiri, karena masih dalam suasana Pandemi Covid-19. Akan tetapi tetap dengan mengacu kepada protokol Covid-19 yang ketat,” ucap Hargianto.

Danlantamal juga mengatakan, pada upacara yang dilakukan atas nama negara memberikan bintang Satya lencana kepada 3 orang prajurit terbaik Lantamal II kepada Mayor Laut (K) Candra Wijayanto yang sehari hari bertugas di Diskes Lantamal II, Sertu TTU Mardan Nasution yang berdinas di Disminpers Lantamal II dan KLK Keu Figih Pratama berdinas di Akun Lantamal II.

“Upacara dilakukan di seluruh jajaran TNI AL dengan secara sederhana tapi penuh dengan rasa hikmat. Sebagai bagian dari komponen utama pertahanan negara, TNI AL senantiasa mendukung setiap kebijakan pemerintah dalam menghadapi tantangan nyata saat ini, tanpa mengurangi tugas pokok sebagai garda utama pertahanan negara di laut. TNI AL juga berperan aktif mendukung prioritas pemerintah dalam penanggulangan Covid-19 dan pemulihan ekonomi Nasional,” ungkapnya.

Lantamal II Padang melakukan berbagai kegiatan sosial, kaitanya dengan memperingati hari jadi TNI AL ke 76 ini. Adapun kegiatan yang dilakukan, Bhakti sosial berupa pembagian sembako kepada masyarakat Maritim (Nelayan dan buruh bongkar muat pelabuhan) yang terdampak Pandemi Covid-19. Bhakti kesehatan berupa pengecekan kesehatan Cholesterol, Asam Urat, Gula Darah dan Tensi serta serbuan vaksinasi. Pada serbuan vaksinasi ini kita berkolaborasi dengan instansi pemerintah baik TNI, Polri maupun dinas kesehatan Diskes Kota Padang dan Provinsi.

“Lantamal II juga melakukan acara syukuran selesai pelaksanaan upacara, dilakukan pemberian tali asih kepada prajurit Lantamal II yang purna tugas dalam bulan ini. Kepada perwakilan Warakawuri Lantamal II, serta pemotongan tumpeng. Pada pemotongan tumpeng di berikan kepada prajurit yang paling lama dinas di Lantamal II dan prajurit termuda,” pungkasnya. (JF)

Related posts