Identifikasi Potensi Ekonomi Kreatif di Kota Solok Dinas Pariwisata Gelar Pertemuan Dengan Pelaku Usaha

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS, SOLOK – Kota Solok menyimpan banyak potensi ekonomi kreatif yang mampu meningkatkan PAD (Pendapatan Asli Daerah). Tapi potensi ekonomi terkadang kurang mendapatkan perhatian, sehingga sulit untuk berkembang dan maju.

Diantara potensi ekonomi ini yaitu bidang pariwisata. Bidang ini seolah sulit untuk mengeliat dan bangkit. Entah kendala anggaran atau promosinya yang kurang, kita tidak tahu. Dan kita sebaiknya berfikir positif saja.

Read More

Selama ini Pemerintah Daerah Kota Solok hanya fokus pada satu potensi wisata. Seperti objek wisata Pulau Belibis dan Kawasan lainya, yang selama ini sangat sulit untuk “dijual” pada publik.

Hari ini, sepertinya Pemerintah Daerah Kota Solok sepertinya sudah terbangun dari lelap tidurnya. Buktinya, Dinas Pariwisata Kota Solok mulai merespon kunjungan Founder dan Executif Direktor Sosiopreneur Indonesia, Dessy Aliandra beberapa waktu lalu. Dengan menggelar rapat bersama pelaku usaha ekonomi kreatif, Selasa (2/11/2021) di Kantor Dinas Pariwisata.

Kadis Pariwisata Kota Solok Elvy Basri, mengatakan pertemuan dengan pelaku usaha ekonomi kreatif adalah dalam rangka identifikasi dan menggali potensi ekonomi kreatif dan pariwisata lokal.

“Pertemuan dengan pelaku usaha ekonomi kreatif bertujuan untuk menggali potensi ekonomi kreatif dibidang Pariwisata. Diharapkan pertemuan membuka jalan dalam memajukan dunia pariwisata Kota Solok,” ujarnya.

Lebih lanjut Elvi Basri menjelaskan, peningkatan ekonomi kreatif ini nantinya akan dilakukan pendampingan penuh dengan melibatkan LKAAM, Bundo Kanduang, pegiat Kampung Wisata, Dewan Kesenian, GenPI, para duta wisata serta perwakilan pelajar dan mahasiswa.

“Pariwisata sangat identik dengan budaya, kesenian, adat, kumpulan masyarakat, dan Bundo Kanduang. Wisata Kota Solok nantinya akan dikembangkan inivasi-novasi yang mencerminkan budaya, adat istiadat, agama, dengan menitikberatkan pada potensi lokal,” tuturnya.

Related posts