Ingin Selalu Sajikan Makanan yang Enak-Enak Buat Keluarga? Ini 3 Tipsnya

  • Whatsapp
makan
Ilustrasi (Foto: Dok. Istimewa)

MINANGKABAUNEWS, KESEHATAN — Apa yang bisa dilakukan ibu rumah tangga untuk membuat suami dan anak betah di rumah? Jawabannya tentu bervariasi dan salah satunya adalah dengan selalu menyajikan makanan yang enak-enak untuk keluarga. Melakukan hal ini dapat menurunkan keinginan suami dan anak untuk membeli makanan di luar. Sayangnya, tidak semua mom bisa melakukan hal ini karena memang jarang memasak, sibuk di luar rumah, atau memang tidak tahu caranya.

Btw, jika Anda ingin selalu menyajikan makanan yang lezat buat keluarga tapi bingung apa yang harus dilakukan, ikuti tips di bawah ini:

Perbanyak dan tingkatkan wawasan soal memasak

Untuk membuat makanan yang enak, Anda harus punya wawasan yang baik soal memasak. Jika wawasan yang dimiliki masih terbatas, sangat dianjurkan untuk memperbanyak dan meningkatkannya. Hal ini bertujuan agar peluang untuk membuat makanan yang enak meningkat dan memperbanyak kreasi dalam memasak. Dengan demikian, Anda tidak akan memasak menu yang itu-itu saja.

Lalu, apa yang mesti dilakukan? Ada banyak cara yang bisa dilakukan, seperti:

– Tanya-tanya keluarga dan teman. Jangan sungkan untuk bertanya kepada orang-orang di sekitar yang dianggap jago memasak. Cara ini gampang, gratis, dan efektif karena Anda bisa belajar sambil praktek juga.

– Nonton video-video memasak di social media.

– Manfaatkan waktu luang untuk melakukan hal ini dan mulai dari video memasak yang sederhana terlebih dahulu agar tidak bosan dan mudah dicerna.

– Baca buku/majalah tentang resep makanan

– Ikut kursus memasak. Jika di tempat Anda tersedia kursus ini, sebaiknya ikuti. Selain, menambah pengalaman, Anda bisa bertemu chef berpengalaman yang dapat memotivasi untuk bisa memasak makanan yang lezat.

Dianjurkan untuk membuat catatan agar Anda tidak lupa ilmu memasak/resep apa saja yang sudah dipelajari.

Miliki alat-alat dapur yang memadai

Agak sulit rasanya untuk membuat makanan yang enak jika dapur tidak dilengkapi dengan alat-alat dapur yang memadai. Contoh, jika ingin membuat roti tapi Anda tidak memiliki bread maker, ada kemungkinan roti yang dibuat tidak mengembang, teksturnya keras, atau mentah di dalam. Begitu juga, jika Anda ingin membuat kripik pisang atau kentang tapi tidak punya food processor, ada kemungkinan irisan pisang dan kentang ketebalan sehingga cukup keras ketika dimakan.

Oleh karena itu, miliki alat-alat dapur yang dapat membantu dan mempermudah dalam memasak menu-menu apapun yang disukai keluarga. Bisa mulai dari memiliki alat yang sederhana terlebih dahulu, seperti satu set pisau dapur dan wajan, baru kemudian membeli alat-alat dapur modern, seperti food processor, blender, bread maker, dan lain sebagainya. Oya, untuk cari alat-alat dapur yang bagus dan awet bisa baca review alat dapur di aturrumah.com.

Hindari rasa ingin cepat menyerah jika menemui kegagalan saat memasak

Kesal dan kecewa ketika gagal saat memasak, entah itu dari segi rasa yang kurang enak, tekstur yang keras, atau tingkat kematangan yang kurang baik adalah hal yang lumrah. Chef berpengalaman pun pasti pernah mengalami ini. Kegagalan adalah bagian dari keberhasilan karena dari hal ini, Anda bisa belajar bagaimana cara memasak yang baik dan benar kedepannya. Untuk itu, jangan buru-buru menyerah ketika menemui kegagalan. Coba lagi saja dan pelajari di mana letak kesalahannya.

Misalnya, jika roti yang dibuat mentah di bagian dalam, kesalahannya biasanya terletak pada suhu oven yang terlalu panas ketika memasukkan adonan. Solusinya adalah atur suhu oven sesuai resep agar tidak terlalu panas saat adonan dimasukkan. Jika rasa makanan terlalu pedas atau keasinan, kurangi penggunaan cabe dan garam. Cukup ikuti resep yang sudah ada atau bisa juga dengarkan permintaan keluarga karena selera itu beda-beda.

Jika gagal lagi? Coba lagi karena ketika berhenti mencoba, keberhasilan tidak akan pernah datang pada Anda. (*)

 

Related posts