Ini Kata Gubernur Mahyeldi soal Warga Sumbar Tak Patuh Bermasker

  • Whatsapp
Gubernur Sumbar Mahyeldi
Gubernur Sumbar, Mahyeldi.

MINANGKABAUNEWS.COM, PADANG — Satgas Penanganan COVID-19 menyebut nama Sumatera Barat (Sumbar) sebagai satu dari 3 Provinsi dengan kepatuhan terendah menjalankan protokol kesehatan, terutama masker dan menjaga jarak. Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi berterima kasih atas penilaian tersebut.

“Masalah nilai-menilai, silakan saja, saya tidak akan berhenti pula dengan penilaian itu. Kalau mengatakan begitu, ya. terima kasih lah,” kata Mahyeldi kepada wartawan Kamis (5/8/2021).

Read More

Namun ia menyebutkan masyarakat sudah mulai bosan menggunakan masker. Kebosanan warga menggunakan masker menjadi pemandangan di semua daerah di seluruh Indonesia. Bahkan, kata Mahyeldi, di Jakarta ia juga bertemu dengan orang-orang yang tidak bermasker.

“Kalau dilihat di Indonesia sekarang kan orang juga sudah bosan juga pakai masker. Tapi kebosanan-kebosanan saja. Bahkan di Jakarta sendiri. Saya ketemu aja di Jakarta ada orang-orang tidak bermasker,” tutur Mahyeldo.

Mahyeldi yang juga menjabat Ketua DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sumbar itu mengaku tidak mau ambil pusing atas penilaian itu. Meski begitu ia berharap pihak yang mengeluarkan pernyataan bukan hanya sekedar memberikan penilaian, melainkan memberi solusi.

“Jadi kalau mau menilai, silakan saja. Silakan menilai, tapi beri solusi. Orang menilai, semua orang bisa. Tapi bagaimana memecahkan masalah untuk itu. Saat yang tepat bukan hanya menilai atau mengkritisi, tapi mencari solusi,” ucap Mahyeldi.

Satgas Penanganan COVID-19 mengungkap data kepatuhan warga dalam menggunakan masker dan menjaga jarak berdasarkan desa dan kelurahan.

“Jadi tiga provinsi dengan kepatuhan memakai masker rendah adalah Gorontalo, Sumatera Barat, Maluku Utara. Sedangkan untuk jaga jarak, ini mirip, cuma bedanya Maluku Utara naik jadi peringkat kedua, Sumatera Barat jadi peringkat ketiga,” kata Dewi dalam siaran YouTube BNPB, Rabu (4/8/2021).

Berikut ini 3 provinsi dengan kepatuhan terendah pakai masker:
1. 70,24 % kelurahan dan desa di Gorontalo,
2. 59% kelurahan dan desa di Sumatera Barat
3. 53,33% kelurahan dan desa di Maluku Utara

Berikut ini 3 provinsi dengan kepatuhan terendah jaga jarak:
1. 71,43 kelurahan dan desa di Gorontalo
2. 60% kelurahan dan desa di Maluku Utara
3. 56,32% kelurahan dan desa di Sumatera Barat

Related posts