Ini Kata Irwan Basir pada Syukuran Pengurus MPI Padang

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM, PADANG – Ketua DPD LPM Kota Padang Irwan Basir Dt. Rajo Alam, SH.MM, menghadiri acara Syukuran dan Silaturahmi pengurus Masyarakat Pancasila Indonesia (MPI) kota Padang pada Sabtu, 30/7/2022 di Kelurahan Pasie Nan Tigo Kecamatan Koto Tangah Kota Padang.

Dalam sambutannya, Irwan Basir yang juga ketua Dewan Penasehat MPI Kota Padang ini mengharapkan Pengurus MPI Kota Padang dalam kegiatan organisasinya untuk dapat selalu menjadikan Pancasila sebagai bahagian dari sendi-sendi kehidupan yang abadi dan kekal sebagai pundamental negara kita.

Read More

“Kita sangat bersyukur, masih ada orang-orang yang mau bekerja sosial untuk menjalankan organisasi Masyarakat Pancasila Indonesia ini. Saya harapkan pengurus MPI dalam kegiatan organisasinya untuk selalu menjadikan Pancasila sebagai bahagian dari sendi-sendi kehidupan yang abadi dan kekal sebagai pundamental negara kita,” ucap Irwan Basir.

Selanjutnya Irwan Basir mengatakan kalau bicara tentang Masyarakat Pancasila, orang Minang itu dari dulunya sudah Pancasila. Lima sila dalam Pancasila itu bagi orang Minang nilai-nilainya sudah diterapkan dalam kehidupan masyarakat Minang dari dulunya. Jadi tak heran konsep dasar Pancasila itu keluar dari pemikiran para pemimpin kita yang berasal dari Ranah Minang ini seperti, Mohammad Yamin, Bung Hatta dan lainnya.

“Masyarakat minang itu dari dulunya sudah Pancasilais. Nilai-nilai yang terkandung dalam sila yang lima itu sudah diterapkan dalam kehidupan masyarakat Minang. Makanya konsep dasar dari Pancasila itu lahir dari pikiran para pemimpin kita yang berasal dari Ranah Minang ini seperti Mohammd Yamin dan Bung Hatta. Mereka bersama dengan pemimpin lainnya merumuskan sila sila dari Pancasila,” ungkap Irwan Basir lagi.

Selain itu, pria yang juga ketua Dekopinda Kota Padang ini menambahkan, organisasi MPI ini jangan sampai dijadikan alat politik yang hanya dibutuhkan untuk kepentingan sesaat. Tapi MPI adalah organisasi yang berkerja untuk membantu pemerintah, membantu masyarakat dan menghidupkan kembali nilai-nilai Pancasila ditengah-tengah kehidupan masyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Saya berharap, MPI ini jangan sampai dijadikan alat kepentingan politik tertentu yang hanya diperlukan untuk kepentingan sesaat, Tapi MPI adalah organisasi yang berkerja untuk membantu pemerintah, membantu masyarakat dan menghidupkan kembali nilai-nilai Pancasila ditengah-tengah kehidupan masyarakat, berbangsa dan bernegara,” harap ketua Penasehat MPI ini lagi.

Sementara itu, ketua MPI Kota Padang Firma Ragnius mengatakan acara syukuran dan silaturahmi diadakan karena kepengurusan yang dipimpinnya sudah menerima SK Kepengurusan dari ketua DPP Sumbar. Disamping itu untuk bersilaturahmi antar sesama pengurus dan juga untuk menerima arahan dari ketua Dewan Penasehat MPI Bapak Irwan Basir Dt. Rajo Alam, SH MM.

“Acara ini adalah sebagai rasa syukur kita setelah pengurus menerima SK dari DPP Sumbar. Disamping itu untuk bersilaturahmi sesama pengurus dan ketua Dewan Penasehat Bapak Irwan Basir. Arahan-arahan dari beliau menjadi pedoman bagi pengurus dalam menjalankan organisasi MPI nantinya,” tutur Firma Ragnius.

Related posts