Ini Penjelasan BMKG Soal Gempa M4,5 Goncang Pasaman Barat

  • Whatsapp
Ilustrasi Gempa Bumi (Foto: Dok. Istimewa)

MINANGKABAUNEWS.com, PASAMAN BARAT – Kepala Stasiun Geofisika Padang Panjang, Dr. Suaidi Ahadi, ST, MT menjelaskan soal gempa Pasaman Barat, Sumbar yang terjadi siang tadi.

BMKG mencatat terjadi gempa tektonik magnitudo M4,5 pada Rabu, (28/9/2022) pada pukul 10.46.35 WIB di wilayah Pantai Pasaman Barat. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 0,17° LU ; 99,86° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 12 Km arah Timur Laut Pasaman Barat pada kedalaman 10 km.

Read More

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat sesar aktif segmen Talamau,” katanya.

Dirinya melanjutkan Guncangan gempabumi ini dirasakan di Pasaman Barat dan Pasaman Timur II-III MMI ( Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan truk berlalu.). “Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI dan tercatat belum adanya gempabumi susulan,” tuturnya.

BMKG mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal Anda cukup tahan gempa ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa sebelum kembali ke dalam rumah.

Related posts