Inilah 6 Wisata Menarik di Medan, Mulai Keindahan Alamnya dan Kuliner Menggiurkan

Istana Maimun

PARIWISATA – Medan merupakan ibu kota dari Sumatra Utara yang di dalamnya menyimpan beragam wisata memesona. Mulai dari wisata alam, buatan, sampai dengan berbagai kulinernya yang menggiurkan. Semakin ke sini, sarana dan prasarana di Medan juga semakin lengkap. Apalagi pemerintah terus menggarap tol yang akan menghubungkan Medan ke Danau Toba hanya 2 jam saja, semakin menyedot wisatawan.

Di Medan, transportasi yang bisa Anda pilih juga banyak jenisnya, salah satunya adalah bus. Rekomendasinya adalah bus Putra Pelangi, ada sejak 2012 dan telah menjangkau berbagai wilayah Sumatra serta Jawa, termasuk Medan. Jangan khawatir, Anda bisa pesan dengan mudah di Traveloka Lifestyle Superapp tanpa perlu datang ke tempatnya langsung. Berikut deretan wisata menarik di Medan yang bisa Anda jelajahi.

Read More

Danau Siombak

Meski tidak seterkenal Danau Toba, Danau Siombak bisa jadi destinasi wisata Medan bagi yang liburan bersama dengan keluarga. Danau di sini cukup bersih sudah dilengkapi berbagai spot untuk berfoto. Lingkungan di sekitaran danau ini juga cukup asri karena banyak tumbuh pepohonan hijau. Karena airnya yang cukup bersih, tidak jarang pengunjung mandi atau berendam di Danau Siombak.

Fasilitas yang ditawarkan Danau Siombak cukup memadai, ada gazebo, toilet umum, parkir yang cukup luas, tempat makan, sampai dengan penginapan yang ingin bermalam. Lokasi Danau Siombak ini berada di Paya Pasir, Marelan, Kota Medan. Buka setiap hari mulai pukul 8 pagi sampai dengan 6 sore.

Istana Maimun

Istana Maimun merupakan salah satu ikon wisata di Medan. Tak bisa dipungkiri, berdirinya bangunan ini merupakan bukti keemasan Medan di masa lalu. Karena itulah, tempat ini jadi destinasi wajib untuk pelancong yang berkunjung. Istana megah ini sudah mulai dibangun pada tahun 1888 pada pemerintahan Sultan Makmun Al-Rasyid Perkasa Alamsyah.
Bangunannya cukup megah dengan arsitektur bergaya kombinasi antara Arab, Melayu, dan juga Eropa. Istana Maimun masih terawat dengan sangat baik, Anda bisa berkunjung ke lokasinya berada di Jl. Brigadir Jenderal Katamso, Sukaraja, Medan.

Museum Tjong A Fie Mansion

Istana Maimun memang menarik untuk dikunjungi, tapi Museum Tjong A Fie Mansion tidak kalah sejarahnya. Tempat ini merupakan bangunan bersejarah yang dahulu merupakan tempat tinggal tokoh multikultural yang bisa merangkul berbagai kalangan di Medan. Namanya adalah Tjong A Fie yang merupakan orang Tionghoa yang memiliki banyak kenalan, baik itu dari dalam atau luar Medan.

Tjong A Fie sendiri juga merupakan pendiri dari Bank Kesawan di tahun 1913. Museum Tjong A Fie ini berada di Jl. Ahmad Yani No. 105, Medan dan bisa membuka kunjungan mulai 09.00-17.00 WIB. Saat masuk ke dalamnya, Anda akan merasakan nuansa Tionghoa yang sangat kental.

Taman Sri Deli

Jika Anda ingin merasakan sensasi liburan bak Raja, bisa langsung melipir ke Taman Sri Deli. Dahulu kala, tempat ini merupakan lokasi bersantai Raja dari Kerajaan Deli, Sultan Amaludin Sani Perkasa Alamsyah dan juga keluarganya, dahulu kerap menghabiskan waktu bersantai di tempat ini.

Arsitektur dari tempat ini cukup menarik mata, karena memang dibangun oleh arsitek dari Italia. Karena keindahannya, tidak jarang warga menyebutnya sebagai Taj Mahal dari Medan. Waktu paling nyaman datang ke sini adalah malam hari. Lokasinya berada di Jl. Sisingamangaraja, Mesjid, Medan Kota.

Ucok Durian

Tak lengkap ketika telah pergi ke Medan, namun tidak bersinggah ke tempat makanan khasnya. Oleh sebab itu Anda perlu berkunjung ke Ucok Durian. Seperti namanya, ini merupakan kedai yang menyuguhkan durian yang dimiliki oleh sosok yang bernama Ucok yang memiliki nama asli Zainal Abidin. Anda bisa makan langsung atau bisa dibawa pulang. Tempat ini sudah sangat kondang, bahkan Presiden Jokowi sudah pernah mampir ke sini.

Tempat ini bisa Anda datangi kapan saja karena buka selama 24 jam penuh. Meski sudah ada berbagai cabangnya di Tanah Air, namun makan dari Medan langsung akan lebih enak. Alamatnya berada di Jl. KH Wahid Hasyim No. 30-32 Kota Medan.

Toko Pusat Bolu Meranti

Saat hendak pulang, jangan lupa membelikan oleh-oleh untuk keluarga yang telah menunggu di rumah. Medan sangat terkenal dengan Bolu Meranti. Anda bisa langsung menuju ke Toko Pusat Bolu Meranti yang berada di Jl. Kruing No. 7C, Medan. Bisa juga ke cabangnya yang berada di Jl. Sisingamangaraja No. 19B, Medan atau Komplek OCBC di Jl. Gagak Hitam No. 16, Medan.

Banyak jenis bolu yang bisa Anda bawa pulang, mulai dari keju, abon ayam, moka, nanas, cappuccino, blueberry dan lain sebagainya. Harganya sendiri dipatok mulai dari Rp 55 ribu.

Jika sedang berada di Medan, jangan lewatkan berbagai destinasi yang sudah disebutkan di atas. Baik itu wisata alam sampai dengan tempat makan, semuanya tersedia. Pastikan selalu patuhi protokol kesehatan di mana pun berada ya!

Related posts