Inilah 7 Manfaat Brokoli Untuk Menu MPASI Bayi 6 Bulan

Ilustrasi brokoli kartun

KESEHATAN – Membuat menu MPASI untuk bayi terutama yang masih berusia 6 bulan memang bisa saja beragam. Cukup banyak menu yang bisa dipilih agar tidak hanya disukai oleh bayi namun juga sekaligus memberikan banyak manfaat. Salah satunya yaitu manfaat brokoli untuk menu MPASI bayi 6 bulan. Untuk yang ingin tahu jelasnya, simak informasi berikut ini.

Brokoli adalah salah satu menu yang cocok untuk MPASI. Biasanya bayi yang berusia 6 bulan mulai mengenal berbagai macam makanan untuk mendukung pemberian ASI supaya maksimal. Nah, brokoli dipercaya sebagai salah satu makanan yang tepat diberikan sebagai MPASI karena memiliki banyak manfaat. Beberapa manfaat brokoli untuk menu MPASI bayi 6 bulan di antaranya sebagai berikut :

Read More

Memperlancar Pencernaan

Brokoli merupakan saluran yang memiliki kandungan serat cukup tinggi. Sehingga tidak heran apabila salah satu manfaat brokoli untuk menu MPASI bayi 6 bulan yaitu membantu memperlancar pencernaan. Dengan mengkonsumsi sayuran tersebut, bayi akan terhindar dari sembelit karena proses pencernaan yang berjalan lancar.

Mengandung Kalsium Tinggi

Brokoli juga dikenal kaya akan kandungan kalsium yang cukup tinggi. Sehingga tentunya hal ini dipandang cukup baik untuk mendukung pertumbuhan tulang dan gigi bayi. Dengan konsumsi sejumlah brokoli yang cukup pada bayi, tentunya bayi tidak akan mengalami hambatan dalam pertumbuhan tubuhnya.
Terutama untuk memperkuat tulang dan giginya di kemudian hari.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Brokoli juga merupakan salah satu jenis makanan yang baik untuk daya tahan tubuh. Terutama bayi yang berusia 6 bulan tentu saja membutuhkan asupan yang bisa mendukung perkembangan daya tahan tubuhnya semaksimal mungkin. Oleh karena itu memasukkan brokoli sebagai menu untuk makanan bayi dapat menjadi salah satu manfaat brokolu untuk menu MPASI bayi 6 bulan yang penting.

Mengandung Anti Oksidan

Sayuran yang satu ini juga dikenal memiliki kandungan sulforaphane yang cukup tinggi. Sehingga hal tersebut dapat membantu meningkatkan perlindungan dari radikal bebas. Dengan kandungan tersebut, brokoli juga bisa memberikan manfaat sebagai anti oksidan alami bagi bayi. Oleh karena itu mengkonsumsi brokoli untuk bayi dapat membantu menghindarkan resiko bayi dari berbagai macam penyakit berbahaya seperti misalnya kanker.

Kaya Vitamin dan Mineral

Tentu saja sebagai salah satu sayuran yang bergizi tinggi, brokoli mengandung sejumlah vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi bayi. Bahkan brokoli ini pada dasarnya tidak menyebabkan alergi pada banyak bayi. Sehingga dapat menjadi menu MPASI pilihan yang menjamin asupan nutrisi terbaik bagi bayi. Dengan kandungan vitamin maupun mineral di dalamnya, tentu saja manfaat brokoli untuk menu MPASI bayi 6 bulan termasuk mendukung tumbuh kembang bayi yang optimal.

Membantu Proses Pembekuan Darah

Sayuran yang satu ini juga memberikan manfaat dalam membantu proses pembekuan darah yang lebih cepat. Sehingga tentu saja hal ini memberikan sisi positif bagi bayi di dalam masa pertumbuhannya. Dengan konsumsi MPASI yang satu ini, bayi akan lebih cepat sehat dan lebih cepat sembuh dari luka yang dideritanya.

Menjaga Kesehatan Mata

Berkat konsumsi brokoli secukupnya, tentu saja hal ini akan membantu untuk menjaga kesehatan mata bayi secara maksimal. Sehingga nantinya pertumbuhan penglihatan bayi juga akan lebih optimal berkat kandungan vitamin di dalam menu brokoli.

Begitu banyaknya manfaat brokoli untuk menu MPASI bayi 6 bulan, tidak heran jika resep dengan kandungan brokoli banyak sekali dicari oleh para ibu. Adapun berikut ini beberapa pilihan resep MPASI 6 bulan menggunakan brokoli sebagai salah satu menu utamanya.

Resep MPASI Puree Brokoli : Salah satu resep MPASI bayi 6 bulan yang paling banyak disukai oleh ibu yaitu resep puree. Demikian juga saat menggunakan brokoli sebagai bahan atau menu utamanya. Memasak puree brokoli adalah hal yang cukup mudah. Siapkan sejumlah brokoli yang masih segar lalu rebus hingga matang. Hancurkan hingga halus dan lembut menjadi pure menggunakan blender khusus makanan bayi. Berikan pada bayi sedikit demi sedikit baik untuk MPASI di pagi, siang, ataupun malam hari.

Resep MPASI Bubur Dengan Brokoli : Membuat bubur dengan brokoli juga merupakan salah satu resep MPASI bayi 6 bulan yang cocok untuk dicoba. Bahannya hanya berupa nasi dan brokoli yang sudah matang. Campurkan keduanya lalu haluskan hingga bubur memiliki tekstur yang dapat diberikan pada bayi. Segera sajikan dalam kondisi hangat dan berikan pada bayi.

Resep MPASI Brokoli dan Salmon : Menambahkan protein kepada MPASI bayi 6 bulan juga tidak ada salahnya. Maka dari itu coba saja menu brokoli salmon sebagai salah satu MPASI untuk bayi yang sudah berusia 6 bulan ke atas. Cukup rebus daging salmon dan brokoli secukupnya hingga matang. Haluskan secara perlahan sampai mendapatkan tekstur yang diinginkan. Sajikan untuk bayi selagi hangat. Tentunya selain terasa lezat juga dapat memberikan banyak manfaat.

Rupanya memang brokoli berhasil memberikan segudang manfaat bagi bayi apabila menjadi salah satu menu MPASI yang diberikan. Namun demikian tentu saja akan lebih bermanfaat jika ibu mencoba untuk memberikan jenis makanan lainnya untuk perkembangan dan pertumbuhan si kecil. Jika mencari produk makanan bayi terbaik sebaiknya memilih untuk mencarinya di KALStore. Cek rekomendasi makanan bayi KALStore untuk menemukan menu MPASI instan terbaik untuk bayi 6 bulan, dari bubur hingga biskuit.

Related posts