Inilah Rekomendasi Taman Kota di Jakarta Untuk Bersantai

Taman Kota di Jakarta

PAWISATA – Kawasan Jakarta mungkin identik dengan gedung perkantoran dan pusat perbelanjaan modern yang menjulang tinggi. Meski begitu, kota ini masih memiliki sejumlah taman atau ruang terbuka hijau sebagai sarana rekreasi terdekat dan murah, loh.

Penasaran seperti apa kondisi taman-taman kota yang ada di Jakarta? Sebelum memulai perjalanan, pertama Anda bisa menyewa jasa rental mobil di Jakarta via Traveloka dan nikmati promo spesial Traveloka EPIC Sale pada 31 Mei 2022 hingga 6 Juni 2022. Setelah menemukan kendaraan yang pas, selanjutnya cari tahu 6 taman di Jakarta paling ikonik lewat ulasan di bawah ini.

Read More

1. Taman Kalijodo
Berlokasi di Kecamatan Penjaringan, Taman Kalijodo merupakan kawasan terbuka yang dipenuhi oleh berbagai fasilitas. Kalau Anda hobi bermain skateboard, di sini terdapat lintasan berbentuk kelokan, lekukan, hingga tanjakan tajam.

Selain skateboard, trek ini juga dapat digunakan untuk bermain sepatu roda dan sepeda BMX. Bagi pengunjung anak-anak Taman Kalijodo juga disertai playground, sewa becak mini, dan wahana flying fox dengan biaya tambahan.

Di akhir pekan, Taman Kalijodo kerap diramaikan oleh pagelaran bazaar berisi stand-stand makanan hingga pakaian. Tersedia pula sejumlah spot cantik untuk berfoto serta fasilitas lain seperti toilet, perpustakaan, dan musala.

2. Taman Menteng
Sebelum berubah menjadi area terbuka hijau, dulunya Taman Menteng merupakan stadion sepak bola Persija. Beralamat di Jalan HOS Cokroaminoto, Jakarta Pusat, taman yang dipenuhi tanaman hijau dan pepohonan ini telah dilengkapi dengan wahana permainan anak-anak, lapangan futsal, lapangan basket, gedung serbaguna, dan tempat duduk.

Tambahan fasilitas di atas tentunya mampu memberikan kenyamanan tersendiri bagi para pengunjung. Saat malam tiba, di sekitaran Taman Menteng akan dipenuhi oleh gerobak-gerobak penjaja kuliner lengkap dengan meja dan kursi untuk makan.

3. Taman Mahoni
Berada sejalur dengan arah menuju Gelanggang Olahraga Taufik Hidayat, Taman Mahoni Ciracas Jakarta Timur ini biasa menjadi lokasi piknik murah bagi masyarakat Ibu Kota. Umumnya, pengunjung mulai memadati kawasan ini menjelang sore hari.

Menemani anak-anak bermain wahana yang ada, jalan-jalan santai, atau berleha-leha di area gazebo menjadi pemandangan yang jamak ditemukan di Taman Mahoni Ciracas. Sementara itu, rimbunnya tanaman hijau dan pohon membuat suasana sekitar terlihat asri dan sejuk, cocok buat melepas penat.

4. Taman Waduk Ria-Rio
Resmi dibuka pada tahun 2013, Taman Waduk Ria-Rio bisa menjadi lokasi yang nyaman untuk bersantai. Dikelilingi hamparan rumput hijau serta dipayungi oleh pepohonan rindang membuat suasana taman terasa segar dan asri sekalipun Anda berkunjung di siang hari.

Sementara itu, beberapa bangku-bangku taman juga hadir untuk memfasilitasi pengunjung yang ingin beristirahat sejenak dari rutinitas. Pemandangan waduk yang cukup bersih juga menjadi daya tarik lain dari taman ini. Dipagi hari, Taman Waduk Ria-Rio menjadi sarana olahraga bagi masyarakat sekitar.

5. Taman Dadap Merah
Di tengah hiruk-pikuk kawasan Pasar Minggu, terdapat area terbuka hijau bernama Taman Dadap Merah. Berdiri di atas lahan yang luas, taman ini mampu menghadirkan nuansa khas pedesaan bagi siapa saja yang mengunjunginya.

Seperti taman-taman lainnya, area ini banyak ditumbuhi pohon trembesi dan pohon kelapa serta tanaman-tanaman hias yang menyejukkan. Daya tarik lain dari Taman Dadap Merah adalah keberadaan aliran sungai yang membelah taman dan menuju danau sekitar.

Untuk menarik minat pengunjung, Taman Dadap Merah juga dilengkapi spot berfoto seperti jembatan kayu dan replika perahu. Ada juga fasilitas lain seperti dudukan dan arena bermain untuk anak-anak seperti ayunan.

Adapun beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan di sini adalah berolahraga, bersantai, jalan-jalan mengeksplorasi area taman, dan berburu spot foto cantik. Kalau ingin piknik, ada baiknya Anda membawa tikar supaya lebih leluasa ketika duduk.

6. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)
TMII pertama kali dibuka untuk umum pada tahun 1975. Sebagai objek wisata legendaris di kawasan Jakarta, TMII menawarkan sarana hiburan yang digabungkan dengan nuansa edukasi.

Sambil bermain-main, pengunjung yang datang ke sini bisa belajar banyak seputar kebudayaan Bangsa Indonesia, mulai dari tarian tradisional, pakaian adat, dan rumah adat.

Kehadiran berbagai jenis taman seperti taman anggrek, taman melati, taman kaktus, dan taman apotek hidup membuat suasana TMII semakin asri. Fasilitas lain yang ada di TMII adalah kereta gantung, perahu angsa, kolam renang, berbagai museum, dan teater IMAX Keong Mas yang menjadi ikon TMII.

Untuk tiket masuk ke TMII dibanderol seharga Rp 25 ribu, namun tiket tersebut tidak mencakup biaya masuk ke spot-spot wisata yang ada di dalam TMII.

Kalau Anda bosan dengan suasana mall yang itu-itu saja, coba ciptakan suasana liburan yang lebih segar dengan mengunjungi ketujuh taman kota di atas. Saat berkunjung, pastikan Anda tetap menjaga kebersihan lingkungan sekitar, ya!

 

Related posts