Inilah Sejumlah Fakta Kecelakaan Beruntun Balikpapan yang Libatkan Truk Tronton

Kecelakaan beruntun di Balikpapan.

MINANGKABAUNEWS.COM, JAKARTA — Kecelakaan beruntun di Balikpapan melibatkan truk tonton dan sejumlah kendaraan roda dua dan roda empat di wilayah Muara Rapak, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim). Truk tonton yang mengalami rem blong menabrak sejumlah kendaraan hingga menewaskan 4 orang.

Kecelakaan terjadi di area turunan simpang traffic light Muara Rapat, Balikpapan Utara, Kalimantan Timur pada Jumat (21/1) sekitar pukul 5 pagi waktu setempat. Sopir truk tonton pun telah diamankan polisi.

Berikut sejumlah fakta terkini terkait kecelakaan beruntun Balikpapan.

Detik-detik kecelakaan beruntun terekam kamera CCTV. Dari rekaman, terlihat truk tronton berkelir coklat tiba-tiba melaju cepat di jalan menurun, lalu menghantam sejumlah kendaraan yang tengah berhenti di lampu merah dari arah belakang.

Tampak mobil dan motor berhamburan diseruduk tronton tersebut. Sejumlah pengendara juga terlempar ke jalan.

Kecelakaan Balikpapan bermula dari truk tronton yang mengalami rem blong. Lantaran tak bisa menahan laju kendaraan, truk tronton menabrak sejumlah pengendara tadi pagi (21/1).

“Iya tadi pagi (kejadiannya) jam 5 lebih,” kata Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Yusuf Sutejo saat dimintai konfirmasi detikcom, Jumat (21/1/2022).

Kecelakaan terjadi sekitar pukul 05.00 Wita. Puluhan pengendara yang sedang antre di lampu merah tiba-tiba diseruduk truk tronton.

“Dari arah belakang meluncur truk tronton. Truk tronton itu mengalami rem blong, sehingga menabrak menyeruduk kendaraan di depannya yang berhenti di lampu merah,” lanjut Yusuf.

Dari total korban yang mengalami kecelakaan maut, terungkap ada seorang anak-anak. Korban bersama orang tuanya saat itu sedang mengendarai mobil dan terlibat kecelakaan beruntun.

“Ada korban anak-anak. Saat kejadian, korban bersama kedua orang tuanya sedang mengendarai mobil dan berhenti persis di lampu merah,” tutur Kepala BPBD Kota Balikpapan Usman Ali kepada detikcom, Jumat (21/1/2022).

Disebutkan anak dan ibu yang berada di dalam mobil mengalami luka ringan. Sementara kondisi ayahnya mengalami luka yang cukup parah.

“Dan ketiganya sudah kita larikan ke rumah sakit,” bebernya.

Ketiga korban berstatus ayah ibu dan anak tersebut merupakan warga Samarinda yang sedang melakukan perjalanan ke Balikpapan.

“Mereka dari Samarinda. Pihak keluarga korban sudah juga sudah kita hubungi,” kata Usman.

Saat evakuasi, Usman menerangkan, banyak warga sekitar yang menolong. Para korban yang terluka dibawa menggunakan ambulans ke rumah sakit terdekat.

Selain itu, lokasi kecelakaan maut di simpang lampu merah Muara Rapak kini sudah bersih dari puing-puing serpihan kendaraan dan bercak darah para korban.

“Kami sudah melakukan pembersihan di lokasi kejadian. Sekitar jam 9 jalan sudah bersih, tadi tim juga sudah melakukan penyemprotan untuk membersihkan darah para korban di lokasi,” tutupnya.

Related posts