Inilah Tips Memilih dan Merawat Koleksi Mobil Klasik VW

  • Whatsapp
Volks Wagen (ilustrasi)

OTOMOTIF – Apakah Anda termasuk penggemar atau kolektor mobil klasik? Jika benar demikian, maka brand mobil klasik yang satu ini pasti tidaklah asing di telinga Anda. Volkswagen, atau lebih familiar disebut dengan mobil VW merupakan jenis mobil klasik yang cukup digemari di kalangan kolektor mobil klasik di Indonesia. Desainnya yang unik, berhasil memperoleh tempat tersendiri di hati para penggemarnya. Eksistensi mobil VW di tanah air bukanlah tanpa alasan.

Banyak faktor yang menyebabkan keberadaan mobil klasik ini tak lekang oleh zaman. Meskipun saat ini banyak sekali mobil keluaran terbaru dengan berbagai fitur berteknologi canggih, namun VW tetap menjadi primadona bagi kelompok tertentu, utamanya bagi kolektor mobil antik nan unik.

Selain karena keunikannya yang sulit didapati pada mobil keluaran terbaru, VW menjadi ladang investasi yang menjanjikan. Semakin tua usia VW yang dimiliki, maka akan semakin mahal pula harga jual di pasaran. Inilah mengapa VW masih memiliki eksistensi di tengah menjamurnya mobil berteknologi modern saat ini.

Memiliki mobil berusia tua tentu memerlukan perawatan khusus, agar tidak menimbulkan berbagai macam masalah di kemudian hari. Faktor inilah yang terkadang membuat sebagian dari kita akan berpikir berulang kali sebelum memutuskan untuk meminang mobil keluaran lama, termasuk VW. Kondisi demikian tidak akan Anda temui jika Anda memperhatikan beberapa tips berikut ini.

Pastikan Bodi Mobil dalam Kondisi Baik
Bagian yang paling mudah terlihat oleh mata ketika akan membeli mobil bekas adalah bagian bodi mobil. Pada mobil VW klasik, bagian bodi mobil merupakan prioritas utama yang harus diperhatikan. Sebenarnya kecacatan pada bodi mobil VW seperti banyaknya karat merupakan hal yang lumrah. Ini dikarenakan faktor usia mobil yang tua.

Hal yang perlu Anda perhatikan sebelum meminang VW adalah jangan sampai bodi mobil mengalami kerusakan yang sangat parah. Sebab, biaya memperbaiki bodi VW tergolong lebih tinggi dibandingkan dengan bagian mobil yang lainnya.

Cek Kondisi Mesin dan Kelistrikan
Sebagai jantungnya kendaraan, mesin memang memegang peranan penting. Pada mobil VW, bagian mesin yang tidak boleh luput dari perhatian Anda adalah bagian selang dan kabel.

Kondisi selang dan kabel yang tidak bagus menyebabkan mesin rawan terbakar. Oleh karena itu, periksalah bagian mesin dengan teliti. Pastikan bagian selang dan kabel pada mobil VW dalam kondisi baik. Kalaupun Anda menemui kondisi mesin dan bagian selang ataupun kabel kurang baik, Anda bisa segera memperbaikinya.
Selain itu pastikan tidak ada kebocoran oli ketika mesin dinyalakan.

Pada beberapa kasus, VW dengan perawatan yang kurang baik seringkali mengalami kondisi kebocoran oli sesaat setelah mesin menyala. Tentu Anda tidak menginginkan hal ini terjadi. Perlu diketahui, mesin dengan kondisi sehat adalah mesin yang kering.

Cek Kelengkapan Aksesori Mobil
Jika Anda memperhatikan kelengkapan mobil, aksesori menjadi bagian yang tidak bisa dilewatkan, bukan? Tidak hanya menjadikan VW semakin sedap dipandang, namun juga menambah nilai jual jika Anda menjadikan VW sebagai ladang investasi di masa mendatang.
Apabila Anda menemui VW dengan aksesori yang kurang lengkap, jangan panik! Aksesori mobil VW tergolong mudah didapatkan, sehingga Anda tidak perlu pusing untuk mendapatkannya.

Belanja aksesori VW semakin praktis dengan Blibli. Anda bisa menentukan aksesori terbaik untuk koleksi VW Anda dengan harga bersaing dan kualitas yang terjamin. Bebaskan pilihan Anda dalam memilih aksesori tambahan mulai dari sparepart mesin hingga aksesori menarik lainnya hanya di Blibli.

Hal yang Perlu Diketahui untuk Merawat VW.

Apabila beberapa tips dalam memilih VW di atas sudah Anda lakukan, maka beberapa hal yang perlu Anda ketahui terkait perawatan VW agar tetap memiliki kondisi prima, meskipun usia mobil sudah senja. Sebagai pecinta mobil klasik, berbagai upaya dan perawatan ekstra akan dilakukan agar mobil kesayangan tetap bisa difungsikan dengan baik.

Jika mobil antik pada umumnya memerlukan perawatan rutin yang cukup rumit, maka berbeda halnya dengan VW. Anda hanya perlu melakukan perawatan standar mesin satu kali dalam kurun waktu dua bulan. Adapun perawatan standar mesin yang bisa Anda lakukan yakni penggantian oli, pembersihan karburator, dan tune up rutin.

Agar perawatan mobil VW semakin maksimal, lakukan perawatan standar mesin di bengkel khusus VW.
Perawatan VW lainnya yang perlu Anda ketahui yakni pemeriksaan saringan bensin yang harus diperiksa seminggu sekali. Hal ini untuk menghindari kondisi tangki bensin dalam keadaan kosong yang berpotensi menyebabkan kotoran di tangki naik.

Sedangkan untuk perawatan bulanan, Anda harus memperhatikan bagian engsel di seluruh bagian mobil, seperti engsel pintu, kap bagasi, dan kap mesin. Pastikan untuk menambahkan pelumas pada bagian engsel-engsel tersebut setidaknya sekali dalam satu bulan.

Selain itu jangan lupa untuk memeriksa air aki secara rutin dan bersihkan kerak-kerak yang menempel pada bagian kepala aki. Hal ini untuk memastikan mobil VW Anda tetap pada kondisi yang prima.

Memiliki mobil klasik dengan desain yang unik menjadi kepuasan tersendiri, terlebih bagi Anda yang memiliki hobi mengoleksi mobil antik. Tidak hanya sekedar hobi, mengoleksi mobil antik menjadi ladang investasi yang menguntungkan di kemudian hari. Oleh karenanya, bersifat selektif dan memberi perawatan terbaik untuk mobil koleksi harus Anda sadari.

Koleksi VW akan semakin maksimal dengan transaksi mudah di Blibli. Temukan banyak pilihan aksesori mobil kesayangan Anda hanya di sini.

Related posts