Inovasi ‘’PAI MALALA’’ Wujud Gerakan Bersama Pelayanan Administrasi Kependudukan Bagi Penyandang Disabilitas

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM, SOLOK SELATAN – Bupati Solok Selatan, H Khairunas menyebutkan bahwa Inovasi ‘’PAI MALALA’’ merupakan wujud gerakan bersama pelayanan administrasi kependudukan bagi penyandang disabilitas.

Hal tersebut dikatakan Bupati setelah zoom meeting pencanangan gerakan bersama pelayanan administrasi kependudukan bagi penyandang disabilitas se-Sumatera. Melalui kegaitan launching dan sosialisasi pelayanan online Dukcapilsigap dan penandatanganan perjanjian kerjasama antara Kepala Dinas Dukcapil Solok Selatan dengan Pengadilan Agama Muara Labuh di Aula Sarantau Sasurambi, Kamis (14/04/2022).

Read More

Pemkab Solok Selatan telah melaksanakan hal tersebut melalui inovasi ‘’PAI MALALA’’, yaitu pelayanan administrasi kependudukan jemput bola ke rumah-rumah penduduk lansia dan disabilitas.

“Melalui gerakan bersama, diharapkan kegiatan pencatatan, perekaman, penerbitan dokumen kependudukan bagi penyandang disabilitas dapat lebih ditingkatkan,” ujar Bupati.

Sesuai misi Pemkab Solok Selatan yaitu penguatan tata kelola pemerintah yang baik dan melayani. Program unggulan adalah peningkatan inovasi pelayan publik berbasis teknologi informasi dengan peningkatan kompetensi aparatur pelayanan publik yang terpercaya, cepat, tanggap serta didukung oleh peningkatan sarana dan prasarana pelayanan.

“Inovasi lain adalah kerjasama antara Kepala Dinas Dukcapil Solok Selatan dengan Pengadilan Agama Muara Labuh, melalui sistem informasi pelayanan data Terintegrasi yang merupakan penerbitan dokumen kependudukan masyarakat Solok Selatan pasca perceraian,” ungkap Bupati.

Diakhir sambutan Bupati mengajak, seluruh instansi pelayanan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, sehingga memberikan kepuasan kepada masyarakat.

Sementara itu, Plt. Kadis Dukcapil Solok Selatan, Drs. Efi Yendri, menyebutkan bahwa program online nagari sigap telah dilaksanakan di Solok Selatan. Nagari yang telah dilakukan ujicoba pelayanan tersebut adalah 3 nagari, yaitu Nagari Pakan Rabaa Utara, Bomas dan Nagari Talao.

Lebih lanjut, Kadis mengatakan bahwa inovasi “PAI MALALA’’ akan diikutsertakan dalam lomba inovasi pelayanan publik yang diselenggarakan oleh Kemenpan RB.

Sementara itu, Kadis Kependudukan dan Capil Provinsi Sumatera Barat, Drs. Basri Rahmat, MM mengungkapkan bahwa Sumatera Barat pada tanggal 31 Maret 2022 lalu, memperoleh kinerja Dukcapil pada level terbaik Se-indonesia, berada pada urutan ke 4.

Dia menjelaskan bahwa tugas admin Dukcapil adalah tugas wajib pelayanan dasar, menjadi dasar menjadi pelayanan publik bagi seluruh layanan pemerintah lainnya.

Menyinggung dokumen kependudukan anak, beliau mengatakan bahwa dokumen kependudukan adalah bentuk perlindungan terhadap anak. Mengingat tugas Dukcapil yang berat maka dukungan pimpinan sangat diperlukan untuk memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat.

Sementara itu, Sosialisasi pelayanan online nagari sigap yang kerjasama Pemkab Kabupaten Padang Pariaman juga menghadirkan narasumber M. Fadli, S.AP, M.AP yang juga merupakan Kadis Dukcapil Padang Pariaman.

Pada acara ini, Bupati Bersama Wabup juga menyerahkan secara simbolis kartu identitas anak kepada pelajar Solok Selatan sekaligus launching dukcapilsigap. (rls)

Related posts