Intips Sosok Betty Epsilon Idroos: Perempuan Satu-satunya Anggota Terpilih KPU RI

  • Whatsapp
Komisioner KPU Betty Epsilon Idroos (Foto: Dok. Istimewa)

MINANGKABAUNEWS.COM, JAKARTA — Betty Epsilon Idroos menjadi salah satu nama yang disepakati Komisi II DPR menjadi Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI periode 2022-2027. Selanjutnya, 7 Anggota KPU terpilih akan dilantik Presiden Jokowi.

Siapa Betty?
Betty lahir di Medan, Sumatera Utara, 22 Maret 1979. Betty kini berusia 43 tahun, sebuah usia emas dalam siklus hidup manusia. Dilansir dari situs Alumni IPB, Ia merupakan anak kedua dari lima bersaudara.
Pendidikannya, SD hingga SMA Betty melaluinya di Medan, pada jenjang perguruan tinggi ia memilih IPB dengan jurusan sosial ekonomi. Pada jenjang magister, Betty mengambil jurusan Ilmu Politik, FISIP Universitas Indonesia.

Read More

Setelah lulus dari kampus beralmamater kuning inilah Betty lalu aktif di kongres dan program-program terkait pemilu. Sebelumnya, ia juga concern pada isu gender, hak asasi manusia dan demokrasi.

Hingga akhirnya ia memberanikan diri bergabung dengan KPU DKI Jakarta, ia mengawali kariernya sebagai anggota Divisi Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat.

Puncaknya, ia terpilih menjadi Ketua KPU DKI Jakarta periode 2018-2023. Kini, bukan tidak mungkin Betty berpeluang menjadi Ketua KPU RI, karena keputusan tersebut ada di musyawarah seluruh anggota KPU terpilih.

Sebelum Betty, ada juga anak medan lainnya yaitu Evi Novida Ginting Manik, Anggota KPU RI 2017-2022. Ia merupakan dosen Universitas Sumatera Utara (USU) pengampu mata kuliah Parpol dan Pemilu.
Betty menjadi anak Medan kedua perempuan yang menjadi Anggota KPU RI.


Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Minangkabaunews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Related posts