Irfan Zainora: Di Sungai Patai, Layanan Masyarakat Bukan Diujung Jari, Tapi Masih di Pucuk Pohon Kelapa

MINANGKABAUNEWS.COM, TANAH DATAR- Seloroh ini disampaikan oleh Wali Nagari Sungai Patai kecamatan Sungayang Irfan
Zainora pada saat membuka Musrenbang ( Musyawarah Rencana Pembangunan) nagari di aula Angku Gaduik, Rabu 28/9/2022.

” Sampai saat ini nagari Sungai Patai masih belum tersentuh jaringan internet. Hal inilah yang menyulitkan kami dalam memberikan pelayanan yang efisien dan efektif seperti slogan dari salah satu Program Unggulan pemerintah Kabupaten Tanah ” Layanan Diujung Jari”,tambah lagi kami kesulitan dalam menerima informasi terbaru dari luar” ujar Irfan.

Read More

Wali nagari yang akrab disapa Mak Itam ini berharap agar kondisi Sungai Patai yang masih Blankspot ini menjadi perhatian dari Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Datar. Tambah lagi pada setiap Musrenbang nagari sudah beberapa kali memprioritaskan pembangunan instalasi internet untuk nagari Sungai Patai.

Camat Sungayang, Reni Susanti, S.Sos dalam arahannya menyampaikan, Musrenbang merupakan wadah strategis untuk menyalurkan aspirasi masyarakat demi kemajuan nagari. Musrenbang melahirkan dua dokumen yaitu RKP dan DURKP yang masing- masingnya sudah mempunyai kewenangan tersendiri dalam hal penggunaan anggaran. Camat juga meminta pemerintah nagari Sungai Patai untuk membangun rumah tahfizh demi mendukung program unggulan pemerintah daerah ” Satu Rumah, Satu Hafizh/ Hafizah.

A.H. Mirza Aziz, Kepala Bidang Pemerintahan Desa dan Keuangan Nagari Dinas PMDPPKB Tanah Datar menyampaikan beberapa pesan penting dalam penyusunan RKP: Sesuaikan atau selaraskan prioritas usulan dengan program-program unggulan pemerintah daerah, bentuk tim delegasi nagari untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat di Musrenbang kecamatan.

“Kami juga berharap agar pemerintah nagari segera menetapkan tapal batas nagari, menginventarisasi aset- aset nagari serta persiapan proses pemilihan wali Nagari Tahun 2023″ ujar Mirza.

Menanggapi kondisi nagari Sungai Patai yang belum tersentuh jaringan internet, Anggota DPRD Tanah Datar dari fraksi Demokrat, Nurhamdi Zahari berjanji dalam waktu dekat akan dibangun tower ( pemancar) dari salah satu provider ternama Indonesia.

” Insyaalah pembangunan tower di nagari Sungai Patai segera terlaksana menjelang akhir tahun 2022 ini ” tutup Nurhamdi .

Musrenbang ini dihadiri beberapa OPD terkait, seperti PMDPPKB, PUPR, Arsip dan Perpustakaan, Sosial, Forkopimca Sungayang, Kepala UPT, BPRN, KAN dan tokoh masyarakat nagari Sungai Patai.(Mi)

Related posts