ISI Padang Panjang dan GEBU Minang Sumsel Gelar Malam Kesenian Randai

Penandatanganan MoU antara DPW GEBU Minang Sumatera Selatan dengan ISI Padang Panjang.

MINANGKABAUNEWS.COM, PALEMBANG — DPW GEBU Minang Sumatera Selatan menerima kunjungan Institut ISI Padang Panjang, Selasa, (14/12/2021). Selain itu juga dilakukan penandatanganan MoU antara DPW GEBU Minang Sumatera Selatan dengan ISI Padang Panjang.

Ketua Dewan Pimpin Wilayah (DPW) GEBU Minang Sumatera Selatan H.Eddy Agusdian, S.E, setelah selesai menyaksikan pertunjukan randai mengatakan, “Ya.acara ini sangat luar biasa”.

Read More

Semenjak pandemi beberapa tahun tidak pernah mengadakan acara GEBU Minang, dengan kedatangan tim kesenian dari ISI Padang Panjang, semuanya mahasiswa yang punya skill dan talenta luar biasa dalam pertunjukan yang barusan selesai”, ucapan Ketua Gebu Minang di sampai Pusindok ISI Padang Panjang, Ade Sofyeti kepada MINANGKABAUNEWS, Selasa. (14/12/2021).

Hadir dalam kegiatan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan yang diwakili Asisten Administrasi dan Umum Drs. Nelson Firdaus, M.M., sekaligus membuka secara resmi Pertunjukan tari randai dan Saluang, kesenian Minangkabau yang dipertunjukkan adalah tari randai kreasi dengan judul Malin Kondang dan Saluang (bagurau dendang saluang) yang dibawakan oleh Mak lenggang dan Rina.

Ketua tim kesenian sekaligus rektor ISI Padang Panjang Prof. Dr. H. Novesar Jamarun.M.S.diminta tanggapannya mengatakan, kegiatan ini tercipta karena adanya hubungan baik GEBU Minang Sumatera Selatan dengan ISI Padang Panjang, kami tetap menghidupkan kebudayaan dan kesenian Minangkabau tetap ada di seluruh Indonesia bahkan mancanegara. Jumlah tim yang kami bawa 23 orang dari mahasiswa mahasiswi tingkat 2 dan tingkat 3″, katanya.

Sebelum dimulainya pentas kesenian telah terjadi Penandatanganan MoU antara DPW GEBU Minang Sumatera Selatan dengan ISI Padang Panjang, tentang kerja sama dibidang kesenian baik pertunjukan, pelatihan dan pendidikan.

Setiap ada kegiatan di GEBU Minang Sumatera Selatan akan menampilkan kesenian dari ISI Padang Panjang, ISI siap memberikan pelatihan kepada anggota GEBU Minang Sumatera Selatan dalam kesenian Minang dan ISI siap memberikan beasiswa kepada anak orang GEBU Minang Sumsel yang akan melanjutkan studi ke ISI Padang Panjang.

Untuk diketahui, awalnya GEBU Minang adalah akronim dari Gerakan Seribu Rupiah Minang. Gerakan ini bertujuan mengumpulkan seribu rupiah dari setiap warga Minang yang ada di perantauan, untuk pembangunan di kampung halaman.

Belakangan akronim tersebut berubah menjadi Gerakan Ekonomi dan Budaya Minang. Sekarang Lembaga Gebu Minang yang berpusat di Jakarta telah mempunyai beberapa kantor perwakilan wilayah di seluruh Indonesia dan mancanegara. (Edi Fatra)

Related posts