Teater Kosong Banda Aceh, Menampilkan Pertujukan Teater Teron di ISI Padang Panjang

MINANGKABAUNEWS.COM,PADANG PANJANG, – Teater Kosong Banda Aceh, Jumat, 30-09-2022. akan melakukan  Kunjungan dan Pentas Teater bertajuk Muhibah Seni Teater Kosong Banda Aceh di Jurusan Teater ISI Padang Panjang. 

Dalam muhibah Teater ini berkat kerja sama antara Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Aceh dengan Jurusan Teater ISI Padang Panjang. Teater Kosong selain melakukan pertunjukan teater Komidi Ampon Yan dengan judul Taron karya/Sutradara Teuku Yanuarsyah akan melakukan diskusi, dan workshop Proses Kreatif teater Komidi Ampon untuk mahasiswa Jurusan Teater Papar Dr. Sulaiman Juned, M.Sn Ketua Jurusan Seni Teater saat dikonfirmasi di ruang kerjanya. Kamis (29/9/2022).

Read More

   

Dr. Dharminta Soeryana, M.Sn juga mengatakan Teater Kosong salah satu kelompok teater independen di Banda Aceh yang paling produktif dalam berkarya. Teater yang didirikan oleh Teuku Yanuarsyah, Dr. Sulaiman Juned, M.Sn, Nurmaida Atmaja dan Din Saja pada tanggal 12 Agustus 1993, telah memproduksi kurang lebih 70 karya teater yang yang dipentaskan di Panggung teater maupun TVRI Stasiun Aceh. 

Kelompok ini dalam proses kreatifnya tidak hanya berkutat dengan kaedah teater barat namun selalu memadukan kaidah teater rakyat Aceh dengan kaidah teater barat, seperti pertunjukan teater Komidi Ampon Taron kali ini. tuturnya.

   

Teuku Yanuarsyah sang Sutradara mengatakan Taron menceritakan tentang negeri yang memiliki cadangan uang berlimpah, mencoba menjalankan politik ekonomi rentenir global dalam melakukan ekspansi kependudukannya ke negeri lain. terangnya.

   

Yanuarsyah menambahkan Teater Kosong dalam Komidi Ampon Yan bertajuk Taron ini masih tetap meruangkan dan memadukan kaedah-kaedah teater rakyat Aceh dengan kaidah teater Barat sehingga menguatkan ruh ke-Aceh-an yang berbentuk komedi satier. Sementara aktor dan penonton menjadi cair dalam ruang permainan bersama melalui interaksi dialog dibahagian adegan tertentu saat pertunjukan sedang berlangsung.ucapkan.

   

Sulaiman Juned menambahkan, Selama dua hari berada di kampus ISI Padang Panjang pada (01/10) selain melakukan workshop dan diskusi teater juga ada pertunjukan baca puisi dengan judul Tjoet Nyak Dhien oleh Nurmaida Atmaja, dan suguhan lagu-lagu menarik yang diaransemen apik oleh Band Teater Kosong. 

Juga ada pertunjukan Teatrikal Puisi bertajuk Senja di Pelabuhan Kecil Karya Chairil Anwar yang disutradarai Sulaiman Juned Produksi Jurusan Seni Teater ISI Padang Panjang.uraian Penyair yang juga Sutradara Teater Tersebut. (Edi Fatra/ Rel).

Related posts