Jadi Khatib Idul Adha, Buya Maigus Nasir: Betapa besar jasa dan keteladanan Nabi Ibrahim

MINANGKABAUNEWS.COM, PADANG – Ketua PD Muhammadiyah Padang, Buya Maigus Nasir menjadi khatib Idul Adha di Lapangan Bulog, Padang Selatan, Sabtu (9/7/2022), diajak meneladani perjuangan Nabi Ibrahim tentang pentingnya pendidikan tauhid.

Ketua PD Muhammadiyah Padang, Migus Nasir menyampaikan betapa besar jasa dan keteladanan Nabi Ibrahim. “Sebagai ‘founding father’ tauhid Nabi Ibrahim mengajarkan perjalanan spiritual dengan kalimat tauhid,” kata Maigus yang juga Anggota DPRD Sumbar ini.

Read More

Dia mengatakan, pengorbanan untuk mencari solusi atas berbagai masalah problematika hidup kita semestinya kita kembalikan pada Allah yang maha segalanya.

“Karena esensi ketauhidan adalah kembali pada Allah. Ibrahim yang bergelar khalilullah(kekasih Allah) dan abdul anbiya (bapaknya para Nabi) ini mau belajar dari bukti kemahabesaran-Nya, sebagaimana tercantum dalam al-An’am 75-79,” terangnya.

Sang khalilullah, sambung dia, juga mengajarkan pendidikan untuk berpikir dan ber-muhasabah.

Pendidikan berkeyakinan akan Allah SWT yang maha atas segala yang di langit dan di bumi dibuktikan dengan meninggalkan anak istrinya di lembah kering tak berkehidupan.

“Di saat itu seakan Ibrahim tengah mendidik keluarganya untuk berkeyakinan akan kemahabesaran Allah seperti keyakinannya,” ujarnya.

Mengajarkan Tauhid
Tauhid Nabi Ibrahim, lanjut dia, tidak sekadar bertauhid, tapi juga mau belajar dan mengajarkan pendidikan tauhid itu khususnya untuk keluarganya. “Tugas yang diajarkannya dalam keluarga, menjadikan keturunannya menjadi bagian sosok bertauhid,” ujarnya.

Dirinya menjelaskan, dua peribadatan yang senantiasa melekat pada sosok khalilullahdan abdul anbiya ini adalah: ibadah haji dan kurban. “Hijr Ismail, maqam Ibrahim, air Zamzam, dan perintah kurban adalah jejak tauhidnya,” katanya.

Dia juga menekankan pentingnya bertauhid bukan sekadar kurban, apalagi pengorbanan bukan karena lillahi, dan mementingkan kebutuhan yang lain dibandingkan kecintaan pada Sang Khaliq.

Related posts