Jadi Khatib Salat Idul Adha 1445H di Padang, Sekum MUI Buya Amirsyah Kecam Kebiadaban Israel

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.com, PADANG – Umat Islam Muhammadiyah di kawasan Kota Padang, menggelar salat Idul Adha 1445H di Taqwa Muhammadiyah Padang, Senin, (17/6/2024). Dalam kesempatan tersebut, Buya Amirsyah Tambunan didapuk menjadi khatib.

Sekum MUI itu dalam khotbahnya mengatakan, Allah SWT telah mengagungkan Idul Adha sebagai hari yang mulia. Di hari itu, setiap Muslim diperintahkan untuk melakukan berbagai kebaikan, salah satunya berkurban.

Ibadah kurban mengandung nilai historis yang penuh dengan keteladanan. Sebagaimana yang kita ketahui, Allah SWT telah menguji keimanan hamba-Nya yang mulia, yakni Nabi Ibrahim AS dan putranya Nabi Ismail AS. Kedua hamba saleh itu telah membuktikan ketaatan dan keimanan yang begitu besar kepada-Nya.
Rasa cinta yang begitu besar kepada Allah SWT telah meringankan hati Nabi Ibrahim AS melaksanakan perintah-Nya. Pun begitu dengan Nabi Ismail AS. Meski usianya masih muda, ketaatannya kepada perintah Allah amatlah matang.

QS. al-Hajj ayat 37 menegaskan bahwa yang sampai kepada Allah dari kurban yang dilakukan umat bukanlah daging dan darah kurban, tetapi takwa mereka. Takwa merupakan kualitas diri yang membuat pemiliknya dapat memperoleh al-khairat, kebaikan-kebaikan yang bermanfaat (an-nawafi’).
Dengan memperhatikan takwa sebagai nilai yang menjadi ukuran kemuliaan manusia sebagaimana yang ditunjukkan firman Allah inna akramakum ‘inda Allah atqakum, maka umat Islam mesti mewujudkan hidup baik sesuai dengan kedudukannya di muka bumi sebagai hamba dan khalifah (wakil) Allah. Hidup baik dalam QS. an-Nahl ayat 97 disebut hayah thayyibah dan hanya dapat diwujudkan dengan amal saleh serta menjadi orang beriman (mukmin).

Ia berpesan nilai qurban untuk mendekatkan diri kepada Allah serta bertujuan menyembelih sifat kebinatangan.

Dia menambahkan mengatakan, eskalasi penjajahan Israel atas rakyat Palestina tidak bisa dibiarkan terus meluas. Menurutnya, kebiadaban Israel betul-betul melecehkan kemanusiaan sebagai nilai universal.

“Dunia harus terus mendesak seluruh pihak yang terlibat untuk menghentikan kejahatan perang Israel. Mewujudkan kemerdekaan Palestina adalah kemestian,” katanya

Wakil Ketua Pengurus Masjid Taqwa Padang, Hafid Dt. Rang Kayo Basa mengatakan, warga dari berbagai daerah di Padang ikut melaksanakan salat Idul Adha di
Masjid Taqwa Muhammadiyah Padang.

Jemaah Muhammadiyah berdatangan ke lokasi itu sejak sekitar pukul 06.30 WIB.

“Jemaah yang hadir itu dari Padang, karena kita menyampaikan di berbagai media sosial, dan jamaah yang biasanya akan ke Taqwa,” kata Hafid.

“Salah satunya itu karena ada tokoh nasional, sehingga jemaah yang biasanya ke Taqwa akhirnya salat di sini, termasuk saudara-saudara dari siswa kepolisian,” kata dia.

Related posts