Jalan Lintas Basecamp Kinali Pasbar Sempat Tertutup Pohon Tumbang, Petugas Gabungan dan Masyarakat Goro Bersama

  • Whatsapp

PASAMAN BARAT – Hujan disertai dengan angin kencang mengakibatkan sebuah pohon tumbang yang menutupi badan jalan. Kejadian tersebut terjadi di Jalan Lintas Basecamp Jorong VI Koto Selatan, Nagari Kinali, Kecamatan Kinali Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar), pada Minggu (14/4/2024) sekitar pukul 00.45 WIB dini hari.

“Kondisi cuaca pada malam itu dalam keadaan hujan disertai angin kencang, sehingga pohon kayu yang sudah tua tersebut tumbang hingga menutupi badan jalan,” kata Kapolres Pasaman Barat AKBP Agung Tribawanto, S.Ik melalui Kapolsek Kinali AKP Alfian Nurman.

Dikatakan, akibat kejadian tersebut, arus lalu lintas dari Padang menuju Pasaman Barat begitu juga dengan arah sebaliknya tidak bisa dilalui oleh kendaraan roda empat dan roda dua, dikarenakan batang pohon menutupi badan jalan.

“Selain menutupi badan jalan, pohon tersebut juga menimpa beberapa kabel listrik, sehingga mengakibatkan aliran listrik ke beberapa rumah warga setempat padam,” ujarnya.

Ia menyebut, pihaknya langsung menghubungi petugas PLN, dan setelah kabel listrik yang tertimpa pohon dinyatakan aman oleh pihak PLN, maka dengan kerjasama dan swadaya warga setempat melakukan pemotongan dahan kayu yang mengahalangi badan jalan dengan menggunakan gergaji mesin (chainsaw) agar akses jalan dapat dilalui oleh kendaraan sehingga tidak mengganggu aktifitas masyarakat pengguna jalan tersebut.

“Kami bersama personel melakukan pengaturan arus lalu lintas dengan sistem buka tutup satu jalur, agar tidak terjadi penumpukan kendaraan seiring meningkatanya volume kendaraan pada saat Liburan Hari Raya Idul Fitri,” sebutnya.

Selain itu, guna mempercepat proses pemotongan dahan kayu dan pembersihan material, petugas gabungan dari Polsek Kinali, TNI, BPBD Pasaman Barat dan dibantu oleh masyarakat setempat melakukan gotong royong, mengingat arus balik lebaran Idul fitri 1445 H/ 2024 M diprediksi terjadi pada Minggu (14/4/2024) hingga Senin (15/4/2024).

“Alhamdulillah, material pohon yang menutupi badan jalan telah kita bersihkan, saat ini arus lalu lintas dari Pasaman Barat menuju Padang dan arah sebaliknya telah kembali normal,” pungkasnya. (Wisnu)


Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Minangkabaunews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Related posts