Jalan Terang Sijunjung Menuju Unesco Global Geopark Silokek

  • Whatsapp
Seminar Nasional Membangun Jejaring Pengembangan Geopark Ranah Minang Silokek Menuju Unesco Global Geopark.

Sijunjung, MinangkabauNews.com – Jalan semakin terang bagi Kabupaten Sijunjung yang mempunyai kekayaan alam indah geopark Silokek dan puluhan geosite bernilai budaya tinggi menuju Unesco Global Geopark Silokek.

Dalam Seminar Nasional bertemakan” Membangun Jejaring Pengembangan Geopark Ranah Minang Silokek Menuju Unesco Global Geopark (UGGp)” Bupati Sijunjung, Benny Dwifa mengungkapkan bahwa seminar ini adalah salah satu upaya mendukung Geopark Nasional Ranah Minang Silokek menuju Unesco Global Geopark.

Read More

Hal ini  secara tidak langsung akan mendorong peningkatan ekonomi masyarakat di Kabupaten Sijunjung melalui kunjungan wisatawan, meningkatnya jasa transportasi, akomodasi termasuk kegiatan penelitian dari berbagai Perguruan Tinggi,seminar dan lainnya.

Bupati Sijunjung bersama Narasumber dan Peserta Seminar

Dikatakan Benny bahwa dengan melaksanakan Seminar Nasional sekaligus membangun jejaring dengan para pihak dengan melakukan penandatangan MoU dengan bersama Langkawi Unesco Global Geopark, Perguruan Tinggi, Pengelola Homestay, Pengelola IKM dan Tour & Travel.

Seminar Nasional ini diselenggarakan bertempat di Gedung Pancasila Muaro Sijunjung, Senin, (19/06/2023).

Penandatanganan MoU

Hadir dalam acara tersebut, Wakil Bupati Irradatillah, Ketua Pengadilan Negeri, Kepala Kejaksaan Negeri, Kepala OPD ,  Pimpinan BUMN/BUMD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sijunjung, Ketua TP PKK dan undangan lainnya.

“Seminar ini dilakukan untuk membangun geoaprk secara bersama sama dengan harapan geoapark Ranah Minang Silokek siap dengan sumber daya manusia dan siap menyambut kunjungan wisatawan dan siap menjadi Anggota Unesco Global Geopark,” jelas bupati milenial itu.

Ketua BP Geopark Ranah Minang Silokek Dr.Zefnihan, AP.M.Si selaku moderator dalam seminar itu mengatakan, kegiatan ini diikuti  120 orang peserta  terdiri dari Guru Paud, SD, SMP, unsur dinas se- Kabupaten Sijunjung, Kelompok Sadar Wisata, utusan dari Dinas,  Camat dan Wali Nagari, juga Mahasiswa Itera Lampung.

Tidak tanggung-tanggung, narasumber nasional dari BRIN pusat, 2 narasumber dari negerinjiran Malaysia, dan juga Pakar Geopark Silokek ditampilkan dalam acara seminar nasional itu . Mereka itu adalah Ir. Hanang Samodra, M.Si., Peneliti Ahli Utama BRIN, menyampaikan paparannya tentang Geopark. Dr. Azmil Munif bin Mohd Bukhari dari GM Lengkawi Unesco Global Geopark. Prof. Norhayati Ahmad, dari University Kebangsaan Malaysia dan  Dr. Ir. Febrin Anas lsmail, MT., Dewan Pakar Geopark Ranah Minang Silokek.

Diskusi Santai Bupati Sijunjung bersama Pakar dan BP Geopark Silokek

Bupati Sijunjung Benny Dwifa bersama Febrin Anas, pakar Geopark Silokek, jajaran dinas Porpora juga BP Geopark serta pejabat instasi terkait mendampingi
Hanang Samodra, Ahli Utama BRIN, Azmil Munif bin Mohd Bukhari dari GM Lengkawi Unesco Global Geopark Norhayati Ahmad, peneliti UK Malaysia.

Dalam lawatan ke objek wisata kebanggaan Sijunjung tersebut para tamu kehormatan kabupaten itu disuguhi eloknya rona pesona geopark. Dengan berjalan bersama dimulai dari gerbang Silokek, lalu dilanjutkan dengan menyusuri tebing lukisan alam yang menjulang, goa batu basurek. Hanang Samodra, Azmil Munif, Norhayati Ahmad terlihat terlibat diskusi santai bersama Benny Dwifa, Zefnihan, Refnaldi dan juga Ridwan mengenai topik untuk membenahi geopark Silokek agar Silokek berhasil lolos dari penilaian menuju Unesco Global Geopark.

Perjalanan robongan field trip dilanjutkan ke perkampungan adat Sijunjung yang juga menjadi ikon unggulan daerah itu.

Jika program pemerintah kabupaten Sijunjung dengan tagline ” Membangun Sijunjung melalui Geopark” dapat terintegrasi pada seluruh perangkat daerah, berkolaborasi dengan berbagai pihak terkait dan juga melibatkan masyarakat, maka akan tercapai Unesco Global Geopark dan pada akhirnya masyarakat Sijunjung yang sejahtera dan berkeadilan akan segera terwujud.(TJP)


Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Minangkabaunews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Related posts