Jamaah Ponpes Darul Ulum Padang Magek Ziarah ke Makam Wali Songo

MINANGKABAUNEWS.COM, PADANG MAGEK TANAH DATAR, Rombongan Jamaah Pengajian Pondok Pesantren Darul Ulum Padang Magek, Tanah Datar, Sumbar melaksanakan wisata religi dengan berziarah ke makam wali songo di pulau Jawa, selama 12 hari PP.

Wali Songo adalah julukan yang diberikan kepada tokoh-tokoh Islam yang sangat dihormati di pulau Jawa. Wali Songo berasal dari kata wali yang berarti orang yang dipercaya. Sedangkan kata songo berarti sembilan.

Read More

Istilah itu diterjemahkan sebagai “Sembilan Wali”. Para wali ini yang kemudian berperan sebagai penyampai ajaran Islam pertama di Jawa melalui jalur budaya, dimulai 1404 M.

Berikut nama wali songo: 1.Sunan Gresik. 2.Sunan Ampel. 3.Sunan Bonang. 4 Sunan Drajat. 5.Sunan Giri. 6.Sunan Kalijaga. 7.Sunan Kudus. 8.Sunan Gunung Jati. 9.Sunan Muria. Parawali ini dulunya, berjuang di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Ahad, (19/6/2922), rombongan ziarah Darul Ulum, menyempatkan diri  ke pulau Bali menziarahi makam Gusti ayu Made Rai dikenal sebagai Raden ayu Siti Khotijah, merupakan Putri Raja Pemecutan, Bali  masuk islam setelah menikah dengan raja Bangkalan Madura, Pangeran Cakraningrat IV yang bertahta 1718-1746.

Selama perjalanan sampai ke Bali, Tampak suasana riang gembira dari jamaah, yang dipimpin langsung Guru Besar Darul Ulum Padang Magek, H Jakfar Tuanku Imam Mudo.

Rombongan ziarah yang ikut kali ini sebanyak 40 orang. Berasal dari Nagari Padang Magek, Belimbing dan Malalo.

Jamaah yang didominasi Santri Lansia ini, berangkat dengan mobil bus. Ongkos mobil patungan Rp2 500.000 per orang. Makan di jalan beli sendiri sendiri, sesuai selera masing-masing.

“Ziarah seperti ini memberi semangat kepada kami kami yang sudah di usia pensiun. Sambil menjalin persaudaraan sesama jamaah, kami juga menambah ilmu selama dalam perjalanan, bersama Tuanku Jakfar Imam Mudo,” kata Syamsuar, S.Ag salah seorang Jamaah dari Belimbing Tanah Datar.

Disebutkan, sesuai rencana semula, insyaAllah, Kamis, (23/6/22), jamaah tiba kembali di kampung halaman. Untuk kelancarannya, mohon doa kita semua. Aamiin. (Rel/Edi Fatra).

Related posts