Jembatan Ambruk Diterjang Banjir, Akses Jalan Menuju Rantau Panjang Nagari Sasak Terputus

  • Whatsapp

PASAMAN BARAT – Tingginya curah hujan yang mengguyur wilayah Pasaman Barat sejak sepekan terakhir, menyebabkan aliran Sungai Batang Pasaman di Jorong Rantau Panjang, Nagari Sasak, Kecamatan Sasak Ranah Pasise meluap hingga merendam badan jalan, Jumat (18/11/202).

Selain merendam jalan, luapan banjir juga mengakibatkan satu jembatan penghubung ke Jorong Rantau Panjang mengalami ambruk, dan tidak bisa dilewati kendraan.

Pantauan di lokasi, terlihat ada sekitar satu kilo meter akses jalan yang terendam banjir, sehingga akses masyarakat menuju pusat kecamatan dan kenagarian menjadi terputus.

Anggota Bamus Nagari Sasak Rangga menyampaikan, ada sebanyak 355 jiwa dari 109 Kepala Keluarga (KK) di Jorong Rantau Panjang yang terdampak akibat banjir tersebut, dan diperparah dengan ambruknya satu jembatan.

“Satu jembatan penghubung dari pusat kecamatan menuju kampung Rantau Panjang itu dilaporkan ambruk tadi sore, sekitar jam 15.00 Wib. Ini mengakibatkan akses masyarakat terputus, karena jembatan tersebut merupakan akses utama warga,” katanya.

Kepala Jorong Rantau Panjang M Nur menyampaikan, dia bersama Babinkantibmas Nagari Sasak Eko dan anggota Bamus sudah turun langsung kelokasi jembatan yang ambruk tersebut.

“Setelah kami lakukan peninjauan ke lokasi, jembatan tersebut tidak bisa lagi dilewati kendraan, dan dwbit air masih tinggi di lokasi tersebut,” katanya.

Salah seorang tokoh masyarakat setempat Saripun menyampaikan, banjir yang terjadi tidak terlalu parah di pemukiman warga. Namun, banjir yang terjadi kali ini menyebabkan akses mereka menjadi terputus.

“Kami berharap kepada instansi terkait agar jembatan yang rusak tersebut dapat segera diperbaiki, karna jalan tersebut adalah akses satu-satunya menuju kampung kami, saat ini kami tidak bisa melewati jalan itu,” harapnya. (By Roni)

Related posts