Jemput Aspirasi Warga, 11 Anggota DPRD Bukittinggi Gelar Reses di Daerah Pemilihan

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM, BUKITTINGGI – Reses Anggota DPRD Kota Bukittinggi periode 2019-2024. Masa sidang III Tahun 2021/2022 digelar di halaman Kantor Camat Mandiangin Koto Selayan (MKS), Kota Bukittinggi, Jum’at (29/7/2022).

Adapun Anggota DPRD yang ikut dalam Reses Daerah Pemilihan (Dapil) Kecamatan MKS ini adalah sebagai berikut: Rusdy Nurman sebagai Koordinator tim, diikuti oleh Shabirin Rachmat, Asri Bakar, Ibnu Asis, Ibrayaser, Yontrimansyah, Nofrizal Usra, Noni, Syafril, Asril, dan Dedi Fatria.

Read More

(Foto: Suasana saat reses Anggota DPRD, Bukittinggi di halaman Kantor Camat Mandiangin Koto Selayan, Dok: Istimewa)

Wań∑il Ketua DPRD Kota Bukittinggi Rusdy Nurman menyampaikan, seperti biasa reses ini adalah merupakan tanggung jawab anggota DPRD untuk melakukan kegiatan silahturahmi, menjaring aspirasi, menjemput segala bentuk saran dan masukan dari masyarakat dan konstituen.

“Ini juga sebagai bentuk bukti pertanggungjawaban kami kepada masyarakat dan konstituen terkait apa-apa yang telah kami perbuat bersama dengan pemerintah selama kami diamanahkan menjadi anggota DPRD,” ujar Rusdy Nurman seusai acara reses itu.

Ia menjelaskan, dalam kegiatan reses tadi, pihaknya membuka ruang komunikasi kepada masyarakat dan konstituen dan juga dihadiri dan direspons langsung oleh para yang berkompeten termasuk dari Sekretaris Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kabid, Kasi dan lain-lain, bahwasanya DPRD dan pemerintah berkomitmen untuk menuntaskan hal-hal yang menjadi kebutuhan di tengah-tengah masyarakat, baik dalam bentuk program dan kegiatan.

“Kami secara menyeluruh tadi mendengarkan seluruh aspirasi masyarakat yang disampaikan di ruang lingkup wilayah Kecamatan MKS. Ada dari perwakilan kelurahan, RT/RW dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM),” jelas Rusdy Nurman.

Ia sebut, dalam reses yang berkembang tadi, intinya masyarakat lebih banyak mengharapkan terkait pembangunan fisik, seperti pembangunan saluran drainase, trotoar dan lain-lain, dan juga sarana-sarana penunjang yang juga berhubungan langsung dengan fasilitas umum yang berdampak langsung pada masyarakat.

“Sebagai anggota DPRD kami telah mencatat dan beberapa OPD juga mencatat dan akan kami bawa dalam rapat gabungan kami di DPRD dan menjadikan nanti semacam rekomendasi pada pemerintah daerah, baik dalam menyusun perencanaan kegiatan anggaran dan rencana kerja pemerintah daerah,” sebut Rusdy Nurman.

Pihaknya berharap apa-apa yang menjadi permasalahan, ini akan kami respons cepat. Karena kita juga akan membahas Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), mana yang bisa kita prioritaskan dan mana yang kita jadikan kegiatan di tahun 2023.

“Kami menghimbau kepada masyarakat ada beberapa hal yang terjadi di tengah masyarakat yang “Notabene” nya butuh perhatian pemerintah, kita meminta pada masyarakat termasuk perpanjangan tangan pemerintah seperti LPM, RT/RW dan para kader untuk berkomunikasi dulu dengan lurah setempat, membangun komunikasi dan menyampaikan hal-hal yang menjadi kebutuhan, kecuali hal-hal yang sifatnya urgensi yang perlu penanganan langsung dari OPD maupun pemerintah daerah,” tutup Rusdy Nurman.

Dihubungi terpisah, Camat Mandiangin Koto Selayan Mihandrik mengatakan, reses masa sidang III ini dihadiri seluruh elemen masyarakat dan berakhir pada 2022 ini.

“Kita berharap masyarakat menyampaikan apa yang menjadi harapan dalam pembangunan, sosial kemasyarakatan dan lain-lain,” tuturnya.

Mihandrik menerangkan, pada kesempatan reses ini, sesuai arahan bapak wali kota, pihaknya akan menyampaikan program-program prioritas. Seperti Tabungan Utsman bagi seluruh masyarakat yang memiliki usaha mikro agar bisa memanfaatkan fasilitas tersebut.

Kemudian terkait dengan suport terhadap pondok Tahfiz, pihaknya telah anggarkan hibah untuk beberapa pondok Tahfiz yang sudah memiliki izin.

“Saya sudah sampaikan pada kesempatan ini, bahwa reses ini merupakan wadah untuk menyampaikan informasi sekaligus menampung aspirasi masyarakat di wilayah Kecamatan Mandiangin Koto Selayan,” terangnya.

Pihaknya berharap reses ini merupakan penyelesaian seluruh masalah yang ada di tengah-tengah masyarakat dan untuk disampaikan pada pemerintah daerah.

Related posts