Kabar Baik! KPU Sumbar Beri Tenggat Waktu 2×24 Jam kepada Calon DPD RI Lakukan Perbaikan

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.com, PADANG – KPU Sumbar harus kerja hingga larut malam, Minggu (22/1/2023). Penambahan waktu tersebut dilakukan karena ada kendala di awal waktu perbaikan administrasi pada 16-17 Januari 2023.

Koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Sumatera Barat, Gebril Daulai di Padang, mengatakan KPU menutup penyerahan dan perbaikan syarat minimal dukungan anggota DPD RI pada Minggu (22/1) hingga pukul 23.59 WIB.

Read More

Menurutnya, penyerahan perbaikan syarat dukungan ini harus menggunakan aplikasi Silon namun karena ada kendala di awal waktu perbaikan administrasi pada 16-17 Januari 2023. KPU RI membuat kebijakan memberikan perpanjangan waktu 2x 24 jam kepada bakal calon yang belum selesai memasukkan dan mengunggah data serta dokumen ke aplikasi tersebut.

“Kendala yang dialami bakal calon sudah diberikan solusi oleh KPU RI. Bakal calon dapat mengajukan perpanjangan ke KPU Sumbar dan dibuatkan berita acara dan hingga penutupan penyerahan. Hingga penutupan hanya enam bakal calon yang mengajukan tambahan waktu 2×24 jam untuk memperbaiki syarat dukungan mereka,” kata dia.

Keenam bakal calon tersebut adalah Arif Yumardi, Dirri Uzhzhulam, Jhoni Afrizal, Nasta Oktvian, Yonder WF Alvarent dan Yuri Hadiah.

Sementara lima bakal calon yang juga ditetapkan belum memenuhi syarat (BMS) telah melakukan perbaikan dan penyerahan syarat dukungan melalui aplikasi Silon serta tidak mengajukan tambahan waktu perbaikan2x24 jam. Kelima bakal calon itu adalah Cerint Iraloza Tasya, Desrio Putra, Irfendi Arbi, Irman Gusman dan Yong Hendri.

“Sisanya satu bakal calon lain yang juga dinyatakan Belum Memenuhi Syarat (BMS) Fatri Hayani tidak menyerahkan dokumen perbaikan atau mengajukan perpanjangan waktu 2×24 jam kepada KPU Sumbar hingga penutupan masa perbaikan verifikasi administrasi,” tutur dia.

Di lain sisi, enam dari sembilan bakal calon DPD RI yang dinyatakan Memenuhi Syarat (MS) verifikasi administrasi melakukan penambahan syarat dukungan hingga batas akhir penyerahan pada Minggu (22/1) pukul 23.59 WIB. Keenam bakal calon itu adalah Abdul Aziz, Hendra Irwan Rahim, Jelita Donal, Muslim M Yatim, Nurkhalis dan Rifo Darma Saputra.

Sementara tiga bakal calon lain yang juga Memenuhi Syarat (MS) tidak melakukan penambahan dukungan adalah Emma Yohana, Leonardy Hermainy dan Mevrizal.

“KPU Sumbar akan menunggu penyerahan perbaikan syarat dukungan melalui aplikasi Silon terhadap enam bakal calon yang mengajukan perpanjangan hingga Selasa malam pukul 23.59 WIB,” tutur dia.

Sebelumnya KPU Sumbar mengumumkan dari 21 bakal calon DPD RI hanya sembilan bakal calon yang dinyatakan memenuhi syarat dan 12 bakal calon dinyatakan belum memenuhi syarat administrasi DPD RI
Selanjutnya, KPU Kalsel akan melakukan verifikasi administrasi terhadap berkas dukungan perbaikan para bakal calon DPD RI tesebut. Tahapan ini dijadwalkan dari 23 Januari sampai dengan 1 Februari 2023

Related posts