Kabid Kebudayaan: Bukittinggi Kembali ke Level 3, Namun Tidak Berpengaruh Banyak Terhadap Pengunjung Museum

MINANGKABAUNEWS.COM, BUKITTINGGI – Sesuai dengan kondisi Kota Bukittinggi dinaikkan jadi level-3. Untuk pengunjung Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta tidak berpengaruh banyak, karena masyarakat tidak segerombolan besar datang berkunjung.

“Mereka datang ada satu keluarga, satu grup, pokoknya se-Indonesia sudah sangat tertarik dengan Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta ini,” ujar Kabid Kebudayaan, Mul Akhiar pada Rabu (2/3/2022).

Read More

Menurut Mul Akhiar pengunjung Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta diantaranya ada anak sekolah, sejak dari Taman Kanak-kanak (TK) hingga Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA).

Sejauh ini lanjut Mul Akhiar karena orang sudah mengenal apa itu dan siapa itu Bung Hatta? Dia adalah seorang proklamator sekaligus ada Museum rumah kelahirannya di Bukittinggi.

“Ini merupakan penyambung sejarah mengingat kembali, bagaimana Indonesia berdiri dan merdeka atas perjuangan para pejuang dan khususnya diplomator ulung seperti Bung Hatta,” jelas Mul Akhiar

Secara historis, Mul Akhiar menerangkan, rumah kelahiran Bung Hatta mempunyai ciri khas tersendiri, termasuk bagaimana kehidupan Bung Hatta di waktu kecil, bagaimana perkembangan beliau sampai dewasa dan sampai jadi Wakil Presiden sehingga terkenal sebagai orang Diplomat ulung di tingkat Internasional sekaligus juga bagaimana silsilah (Ranji) dari keluarga Bung Hatta itu sendiri.

“Perjalanan dari seorang Proklamator itu sangatlah diminati oleh para pengunjung dan juga karena masih utuhnya rumah kelahiran beliau, sejak dari yang namanya ada gudang, ada bendi kendaraan beliau waktu itu, ada juga sepeda tua (sepeda ontel) termasuk seluruh perangkat yang ada di rumah,” terang Kabid Kebudayaan Kota Bukittinggi itu.

Pihaknya juga menghimbau kepada seluruh pengunjung Museum untuk selalu mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes) dengan mengukur suhu baik petugas maupun pengunjung, kemudian memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

“Kita berharap pandemi Covid-19 cepat berakhir, dan ekonomi masyarakat segera bangkit lagi,” tutupnya.

Related posts