Kampung Sarugo Sabet Juara 1 Pokdarwis 2021, Mahyeldi: Pokdarwis Sangat Menentukan Pariwisata Sumbar

  • Whatsapp
penganugerahan apresiasi kelompok sadar wisata tahun 2021 se-Sumatera Barat.

MINANGKABAUNEWS.COM, PADANG — Gubernur Sumbar Mahyeldi menghadiri penganugerahan apresiasi kelompok sadar wisata tahun 2021 se-Sumatera Barat dengan tema kelompok sadar wisata sebagai penggerak pariwisata, di Hotel Grand Zuri Padang, Senin, (27/9/2021). Hadir juga Rektor UM Sumatera Barat, Dr. Riki Saputra.

Kadis Pariwisata Sumbar, Novrial mengatakan, pada masa pandemi Dinas Pariwisata Sumbar terus memberikan pembinaan kepada kelompok sadar wisata. Hal ini dilakukan dalam upaya membangkitkan ekonomi, di sektor pariwisata yang hingga saat ini masih terpuruk akibat pandemi.

Read More

“Ini baru kerja keras, karena tekanan full terutama pandemi, dalam menjual pariwisata Sumbar, masa covid-19 ini butuh kerja keras, inovatif dan kreatif. Saya harap lima Pokdarwis ini terus terlibat dalam pengembangan pariwisata di daerah masing-masing minimal jadi model ,” ujar Novrial.

keberadaan industri pariwisata sedang dilanda musibah dengan merebaknya penularan virus covid 19. Keadaan ini memaksa para wisatawan untuk membatasi ruang gerak dan keinginan untuk menikmati keindahan alam dan budaya Sumatera Barat. Situasi ini tidak boleh melemahkan semangat untuk tetap menjaga kekayaan nagari agar sektor pariwisata di Sumatera Barat semakin berkarakter.

Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat menyikapi hal ini dengan terus berbenah dan meningkatkan kuliatas pelayanan serta profesionalisme para pelaku pengelola daerah tujuan wisata. Salah satu fokus kegiatan adalah pemberdayaan masyarakat dalam rangka memfasilitasi dan melaksanakan upaya pengembangan daerah tujuan wisata seperti desa atau kampung wisata.

Menurutnya, Pariwisata Sumbar di saat pandemi ini membutuhkan semangat yang tinggi dari Pokdarwis.

Ada tujuh orientasi pariwisata Sumbar yang dipadupadankan dengan pentahelik dengan penerapan sapta pesona yang melibatkan media, organisasi masyarakat dan pengusaha wisata. Peranan organisasi masyarakat di sinilah pentingnya Pokdarwis.

“Pemberdayaan masyarakat difokuskan kepada kelompok sadar wisata, pokdarwis harus betul-betul eksis mengembangkan pariwisata di tempat tinggalnya,” tuturnya.

Lebih jauh itu, Kadis Pariwisata Sumbar, Novrial menjelaskan Ada 270 pokdarwis dan 231 desa wisata makanya lima pokdarwisa menjadi model bagi pokdarwis lainnya, di mana pemerintah tidak menyentuh langsung pokdarwis secara keseluruhan makanya lima pokdarwis diminta bisa membagi ilmunya kepada pokdarwis lain di Sumbar.

Adapun pemenang pokdarwis antaralain harapan II Apar Mandiri Kota Pariaman, harapan I Laskar Pemuda Peduli Kabupaten Pesisir Selatan, juara III Sumpu Nagari Minang Kabupaten Tanah Datar, juara II Kubu Gadang Kota Padang Panjang, dan juara I Kampung Sarugo Kabupaten 50 Kota.

Hadiah terdiri dari Juara 1 mendapatkan Piala, Sertifikat, serta uang tunai Rp25.000.000.
Juara 2 mendapatkan Piala, Sertifikat serta uang tunai Rp20.000.000.
Juara 3 mendapatkan Piala, Sertifikat serta uang tunai Rp15.000.000.
Harapan 1 mendapatkan Piala, Sertifikat serta uang tunai Rp8.000.000.
Harapan 2 mendapatkan Piala, Sertifikat serta uang tunai Rp6.000.000.

Gubernur Sumbar, Mahyeldi mengatakan “Pandemi penurunan ekonomi yang paling berdampak kepada sektor pariwisata, tidak ada kunjungan berarti tidak ada yang menginap dihotel, kondisi seperti itulah yang kita yakin situasinya akan mengubah penurunan angka covid-19, satu kota masih level 4 kita pertanyakan level 4-nya, di mana kita sudah melandai, dan vaksin pun sudah berjalan,” ujarnya

“Di Sumbar tingkat kesehatan masyarakat jauh lebih tinggi, kita berobah dengan adaptasi kebiasaan baru,” tuturnya.

“Kebutuhan pariwisata tidak bisa ditahan karena pariwisata adalah sebuah kebutuhan. Kehadiran pokdarwis menjadi faktor penentu dalam maju mundurnya suatu obyek wisata,” katanya

Katanya, bicara masalah wisata kebanyakan wisatawan ingin mendapatkan suasana yang alami di obyek wisata.

Dia mengharapkan pokdarwis terus bergerak menghadirkan pariwisata terbaik yang diminati seluruh wisatawan dalam dan luar negeri.

Related posts