KAN Lubuk Sikarah Dinilai Tim Penilai KAN Sumbar

MINANGKABAUNEWS, SOLOK – KAN (Kerapatan Adat Nagari) Lubuk Sikarah Kota Solok dinilai Tim Penilai KAN Berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat, Senin (12/9/2022), di kantor KAN Lubuk Sikarah Nagari Solok.

Kadatangan Tim Penilai KAN Berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat ini disambut Walikota Solok Zul Elfian Umar didampingi Ketua LKAAM Nagari Solok H. Rusli Khatib Sulaiman dan Ketua KAN Lubuk Sikarah nagari Solok Edi Warman Imam Maharajo Malin Batuah Tenggang Basa Dt. Rajo Alam, Bundo Kanduang Nagari Solok Sitta Novembra.

Read More

Wako dalam sambutannya mengatakan KAN merupakan suatu lembaga di dalam nagari yang mengurus dan menjaga serta melestarikan adat dan kebudayaan di Minangkabau. KAN terdiri dari berbagai unsur dalam nagari tersebut seperti ; Para Penghulu atau datuk setiap suku yang ada dalam kenagarian.

“Salah satu tugas Kerapatan Adat Nagari adalah menyelesaikan perkara-perkara perdata adat dan istiadat, termasuk salah satunya menyelesaikan sengketa tanah ulayat. Jadi di ranah Minangkabau sangat jarang persoalan ulayat dibawah ke ranah hukum positif, dan diupayakan diselesaikan ditingkat KAN,” kata Wako.

Lebih lanjut Wako menjelaskan, di Kota Solok adat dan agama duduk bersanding atau berdampingan, dan itu dibuktikan dengan berdirinya kantor KAN Lubuk Sikarah nagari Solok disamping Masjid Lubuak Sikarah.

“KAN Lubuak Sikarah nagari Solok dalam menyelesaikan persoalan adat dan masalah lainya yang terkait dengan urusan kemenakan dan ulayat di Masjid dan Mushola. Di samping itu KAN Lubuak Sikarah juga ikut membantu pembangunan ke masyarakatan,” terangnya.

“Terima kasih Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Provinsi Sumatera Barat, yang telah menilai KAN Lubuak Sikarah Nagari Solok,” tambah Wako.

Sementara, Ketua Tim Penilai KAN Berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat, Quartita Evari Hamdiana, menyebutkan penilaian KAN merupakan upaya Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dalam melestarikan adat dan budaya Minangkabau.

“Banyak kategori penilaian yang akan dilakukan dalam rangka KAN Berprestasi ini. Di antaranya kantor, struktur organisasi, sarana dan prasarana kantor, penyelenggaraan adat, dan kerjasama antar lembaga,” kata Quartita.

Related posts