Kantor Imigrasi Kelas I Padang Rapat Koordinasi Bersama Tim Pengawasan Orang Asing di Solok Selatan

  • Whatsapp
Kantor Imigrasi Kelas I Padang Rapat Koordinasi Bersama Tim Pengawasan Orang Asing di Solok Selatan
Kantor Imigrasi Kelas I Padang Rapat Koordinasi Bersama Tim Pengawasan Orang Asing di Solok Selatan

MINANGKABAUNEWS.COM, SOLOK SELATAN – Wakil Bupati Solok Selatan, H Yulian Efi menghadiri dan membuka secara resmi acara Rapat Koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA), digelar oleh Kantor Imigrasi Kelas I Padang bertempat di Hotel Pesona Alam Sangir, Rabu (30/03/2022).

Tema yang diangkat dalam pertemuan ini adalah peranan Tim Pengawasan Orang Asing (PORA) dalam pelaksanaan pengawasan keberadaan dan kegiatan orang asing di Solok Selatan.

Read More

Wakil Bupati Solok Selatan, H Yulian Efi dalam sambutannya, menyampaikan dengan diadakannya Rapat Koordinasi Tim PORA ini, diharapkan solidaritas dapat terjalin erat, tingkatkan intensitas koordinasi melalui sarana komunikasi yang ada dalam mensinergikan pelaksanaan pengawasan orang asing di Solok Selatan.

Tujuannya adalah untuk melakukan deteksi dini dalam upaya penanganan terhadap orang asing yang melanggar peraturan, diataranya yaitu mereka yang berada di Indonesia melebihi dari batas izin tinggal (overstay), penyalahgunaan izin yang diberikan, atau mereka yang mengalami permasalahan status kewarganegaraan.

Dalam hal ini dapat dijadikan wadah kerjasama, koordinasi, dan sinergitas antar instansi dalam hal pengawasan orang asing agar kewaspadaan orang asing tidak menimbulkan respon yang berlebihan dan memicu terganggunya kenyamanan keberadaan atau kegiatan orang asing tersebut.

Sementara itu, Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat, Novianto Sulastono menekankan bahwa instansi terkait pengawasan orang asing tidak hanya pihak imigrasi saja, tapi melibatkan semua unsur yang ada.

“Keberadaan Tim PORA merupakan amanat UU No.6 Tahun 2011, yang diharapkan mampu bersinergi dalam mengawasi keberadaan orang asing,” tuturnya.

Kemudian, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Padang, Napis dalam laporannya mengingatkan kembali Permenkumham Nomor 50 Tahun 2016 tentang Tim Pengawasan Orang Asing, bahwa Tim PORA memiliki tugas untuk memberikan saran dan pertimbangan kepada instansi dan/atau lembaga pemerintah mengenai hal yang berkaitan dengan pengawasan orang asing.

Salah satu tugas Tim PORA di wilayah Solok Selatan sebagai wadah tukar menukar informasi sehubungan dengan perlintasan, keberadaan dan kegiatan orang asing yang memicu terganggunya kenyamanan dan kelancaran aktivitas sehingga kewaspadaan dan pengawasan dapat dilakukan dengan baik dan terorganisir.

Selain itu, penegasan dalam Rapat koordinasi ini adalah, pelaksanaan tigas Tim PORA sesuai tusi masing-masing, seperti Kesbangpol melakukan pengamatan terhadap orang asing. Kewenangan lain seperti wajib lapor, Camat dapat mengambil peran dalam pengasan orang asing tersebut. (rls)

Related posts