Kapolres Pasaman Barat Melakukan Pengawasan dan Pemeriksaan Senjata Api Personil

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM, PASAMAN BARAT – Kepolisian Resor Pasaman Barat, Polda Sumatera Barat melakukan pemeriksaan kondisi senjata api yang dipegang oleh personil, bertempat di halaman Mapolres Pasaman Barat, Senin (4/10/2021).

Dalam kegiatan tersebut, Kapolres Pasaman Barat AKBP M. Aries Purwanto didampingi oleh Wakapolres Kompol Joko Hendro Lesmono dan para PJU Polres Pasaman Barat dan dihadiri oleh seluruh personel pemegang senjata api dinas.

Read More

Kapolres Pasaman Barat AKBP M. Aries Purwanto mengatakan, pemeriksaan bagi personil Polres Pasaman Barat pemegang senjata api dinas, tidak sekedar kondisi senjata api yang dipinjam pakai, namun mencakup kelengkapan surat izin pemegang senjata api tersebut.

“Pemeriksaan sebagai bentuk kontrol dan pengawasan pimpinan terhadap personil, tidak hanya kondisi dan kelayakan senjata api, namun juga mencakup surat izin penggunaan,” ucapnya.

Dirinya menambahkan, melalui kegiatan itu, Kapolres dapat memastikan jumlah real dan kondisi senjata api serta memeriksa daftar personil yang memegang senjata api, termasuk untuk menghindari penyalahgunaan senjata api dinas serta bentuk kesiapsiagaan anggota Polres Pasaman Barat dalam menjalankan tugas di lapangan.

Penggunaan senjata api tidak boleh disalahgunakan, semuanya ada aturan dan SOP yang wajib diterapkan oleh petugas yang mempunyai persyaratan izin pinjam pakai senjata api dinas.

“Untuk mendapatkan izin pinjam pakai senjata api dinas, petugas harus lulus mengikuti test psikologi dari Tim Psikologi Dokkes Polda Sumbar dan mendapat rekomendasi dari pimpinan,” pungkasnya. (wisnu utama)

Related posts