Pengunjung Museum ‘Rumah Adat nan Baanjuang’ Harus Taati Protokol Kesehatan

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS, BUKITTINGGI – Kunjungan wisata ke Museum “Rumah Adat Nan Baanjuang” dimasa pandemi sangat menurun signifikan. Tahun ini sudah mulai naik lagi, apalagi disaat sudah diijinkan kunjungan ke obyek wisata. Hal ini disampaikan Kasi Permuseuman, Beta Ayu Listyorini kepada Minangkabaunewscom melalui pesan WhatsApp, Sabtu (23/10/2021).

“Kita melihat rata-rata pengunjung Museum ini masih didominasi wisatawan luar Bukittinggi,” ujar Kasi Permuseuman yang akrab dipanggil mbak Irin ini.

Read More

Irin lebih lanjut mengatakan pengunjung lokal kebanyakan Pelajar. Jumlah besar kunjungan dari lokal terlihat disaat museum melaksanakan program publik.

“Kami dari pihak pengelola mewajibkan kepada petugas termasuk Satpam dan Cleaning Service mereka harus vaksin dan mematuhi protokol kesehatan,” jelasnya.

Ia menambahkan bagi pengunjung sebelum masuk Museum diukur suhu terlebih dahulu, wajib memakai masker atau mencuci tangan dengan hand sanitizer yang telah disediakan dan menjaga jarak.

“Sirkulasi pengunjungpun juga kita atur, tidak menumpuk disalah satu ruang saja,” imbuhnya.

Pihaknya menargetkan keberadaan Museum yang ada sekarang (saat ini Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi mengelola dua museum yaitu Museum Rumah kelahiran Bung Hatta di jalan Soekarno Hatta serta Museum Rumah Adat nan Baanjuang di dalam Kebun Binatang Kinantan Bukittinggi) menjadi museum yang representatif sesuai fungsinya, edukasi, research dan rekreasi.

“Kita mengharapkan Museum bisa optimal melaksanakan fungsinya, sehingga masyarakat menjadikan museum sebagai tujuan utama kunjungan nantinya,” tutup Irin mengakhiri.

Related posts