Kebiasaan Berziarah ke Makam menjelang Bulan suci Ramadhan

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM, PADANG – Masyarakat Pisang Kecamatan Pauh melakukan Ziarah Kubur Jelang Ramadhan.
Ziarah kubur mulai ramai sejak pekan lalu.

Kebiasaan masyarakat Ziarah Kubur Jelang ramadhan, masyarakat suku kelurahan pisang kecamatan Pauh kota Padang ini melestarikan tradisi ziarah kubur menjelang bulan suci Ramadhan 1443 Hijriah.

Read More

“Memang setiap menjelang bulan suci Ramadhan kami beserta keluarga besar selalu mengunjungi makam keluarga untuk berziarah,” kata salah seorang peziarah Rosmaneli di TP 5 suku kelurahan pisang, Minggu pagi (27/03/22).

Ia menjelaskan kegiatan ziarah kubur biasanya dilaksanakan mulai 30 hari menjelang bulan Ramadhan atau ketika telah memasuki bulan Sya’ban. Masyarakat setempat juga mengisi bulan tersebut dengan tradisi mandi balimau.

“Dikenal dan banyak orang menyebutnya dengan mandi balimau biasanya masyarakat menggelar tradisi tersebut dengan mandi bersama keluarga di tempat permandian terbuka seperti di sungai”, ujarnya.

Ia menjelaskan, selain berziarah dan memanjatkan doa, biasanya peziarah juga menaburkan bunga dan membersihkan makam keluarga seperti mencabuti rumput di sekitar makam. Harapannya, dari ziarah tersebut dengan mendoakan keluarga yang telah tiada akan mendapatkan ridha Allah SWT karena sebentar lagi akan memasuki bulan suci Ramadhan yang penuh hikmah.

Ia mengemukakan, hal ini sudah biasa terjadi terutama ketika akan menyambut bulan suci Ramadhan. Peziarah ramai datang pada pagi maupun sore harinya dimakam 5 suku ini.

“Sudah biasa kalau jelang Ramadhan lebih ramai dari hari biasa cuma kalau sekarang bedanya peziarah makin ramai karena ada kesempatan bisa berkumpul dengan keluarga setelah pasca corona,” katanya.(ami)

Related posts