Kelompok Asman Toga dan Akupressur Syafakillah Tapi Selo Terbaik Satu Sumbar

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM, TANAH  DATAR – Kelompok Asman Toga Syafakillah, Nagari Tapi Selo, Kecamatan Lintau Buo Utara, Kabupaten Tanah Datar terbaik satu pada lomba Kelompok Asuhan Mandiri Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga dan Keterampilan Akupressur Tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2022

Terpilihnya Kelompok Asuhan Mandiri Syafakillah setelah melalui proses penilaian yang dilakukan oleh tim dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat.

Amel Wita S. Km Sub Koordinator Kesehatan Tradisional (Kesrat) Dinkes Tanah Datar mengatakan, Asman Syafakillah telah memiliki 12 kader dan masing-masing kader telah memiliki 3-5 KK binaan.

Setiap KK binaan diyakini telah bisa mandiri dengan artikata sudah bisa mengobati diri sendiri dengan cara terapi akupressur.

Diantara penyakit yang bisa diobati dengan cara terapi akupressur, meningkatkan progiugsi asi, keputihan, meningkatkan nafsu makan, meredakan batuk, mengatasi gatal-gatal biduran, anemia, mengurangi nyeri haid, mengatasi kram otot, mengurangi sakit kepala migran, mengatasi mual dan muntah, meningkatkan daya tahan tubih, nyeri pinggang, sesak nafas, sembelit, dan lainnya.

Ia menjelaskan, Asman merupakan bagian dari Kesrat yang telah berdiri semenjak 2017 di Kabupaten Tanah Datar.

Semenjak berdiri tersebut, Dinas Kesehatan Tanah Datar telah mengikuti lomba Asman bahkan selalu menjadi yang terbaik di Sumatera Barat.

Pada 2017 Tanah Datar diwakili Asman yang ada di Kecamatan Padang Ganting dan meraih juara 2, kemudian pada 2018 Tanah Datar diwakili Asman Lintau Buo Utara 1 juga meraih terbaik 2.

Kemudian pada 2019 Tanah Datar berhasil juara 1 provinsi namun karena karena COVID-19 lomba untuk tingkat nasional ditiadakan.

“Berharap untuk tingkat nasional saat ini kita mendapat terbaik dan mudah-mudahan kita yang menang,” harapnya. (Mi/KmfoTd)

Related posts