Kembali, Baznas Tanah Datar Salurkan Bantuan Bagi Korban Bencana Alam

MINANGKABAUNEWS.COM, TANAH DATAR       Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Tanah Datar kembali menyerahkan bantuan kepada masyarakat yang ditimpa bencana alam. Kali ini ,Asril (52th) warga Jorong Kubang Landai,nagari Saruaso ,Kecamatan Tanjung Emas mendapatkan bantuan rehab rumah sebesar 7.500.000 ribu rupiah pada Selasa (21/6/2022).

Bantuan ini diserahkan secara langsung oleh Kepala Baznas Tanah Datar Yasmansyah S.Ag, M.Pd didampingi oleh Wakil Ketua I Drs. Syafrizal Khatik Bungsu dan Kabid RPJS Dinas Sosial Masyuri Maizar, Anggota Tagana, Karang Taruna serta pemerintahan nagari Saruaso.

Read More

Dalam kesempatan itu ketua Baznas Yasmansyah menyampaikan bahwa bantuan senilai 7,5 juta rupiah diberikan kepada keluarga Asril untuk merehab rumahnya yang yang ditimpa pohon tumbang pada bencana angin kencang beberapa waktu lalu yang melanda beberapa titik daerah di Tanah datar.

“Angin kencang beberapa waktu lalu  telah mengakibatkan rumah keluarga Asril porak poranda karena ditimpa pohon tumbang dan kita dari Baznas langsung turun esok harinya bersama BTB ( Baznas Tanggap Bencana). Setelah berkoordinasi dengan Dinas Sosial,Camat Tanjung Emas, Wali Nagari serta Wali Jorong maka sepakat untuk bergotong royong selama dua hari untuk merehap rumah selamah dua hari,” ungkp Yasmansyah.

Lebih lanjut ketua Baznas menyampaikan gotong royong dilakukan bersama-sama oleh BTB, Tagana, Karang taruna dan dari jajaran Dinas Sosial serta masyarakat untuk pengerjaan bangunan rumah.

Dan untuk itu Baznas akan  menyerahkan bantuan senilai Rp 7.500.000, dalam bentuk bahan bangunan yang akan digunakan untuk merehap rumah warga kita yang merupakan mustahik dan bantuan biaya operasional kegiatan diluar dari bantuan diatas.Kita hadir untuk meringankan beban Pemerintah Daerah dalam ikut serta membantu masyarakat yang ditimpa bencana, karena kita tidak bisa jalan sendiri tanpa masyarakat karena dana yang ada di Baznas merupahkan dana umat yang akan diberikan untuk masyarakat yang memang layak menerima” tutur Yasmansyah. 

Sementara itu Kabid RPJS Dinas Sosial Kabupaten Tanah Datar Masyuri Maizar dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa Dinas Sosial sangat peduli dengan bantuan tanggap darurat,terutama pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat satu bulan kedepan.

“Sedangkan untuk bantuan fisik kita  berkolaborasi dengan Baznas dalam menyiapkan dananya untuk membantu merehab agar rumah kembali layak huni. Dan kita berharap rehab rumah ini vepat selesai agar bisa kembali ditempati dengsn aman dan nyaman.(Mi)

Related posts