Kembangkan Pantai Luhung Sebagai Objek Wisata bersama Mahasiswa KKN-PPM UNAND

Oleh: Rani Aulia

Pesisir Selatan merupakan sebuah Kabupaten yang berada di Provinsi Sumatra Barat. Kabupaten yang memiliki selogan sebagai “Kabupaten Sejuta Pesona” ini menjadikan objek wisata sebagai indikator utama atau ikon utama Kabupaten Pesisir Selatan.

Read More

Beberapa wisata yang terkenal di Pesisir Selatan yaitu, Puncak Mandeh, Pantai Carocok, Air Terjun Bayang Sani, Jembatan Akar, Pantai Salido, dan Puncak Langkisau. Jika mendengar nama Kabupaten Pesisir Selatan yang terbesit adalah daerah pantai. Untuk itu, pada tulisan ini akan memuat mengenai Pantai Luhung yang terletak di Kabupaten Pesisir Selatan.

Pantai Luhung merupakan sebuah pantai yang terdapat di Nagari Pasar Baru, Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan. Jika perjalanan dari Kota Padang, Pantai Luhung terletak di sebelah kanan setelah belokan. Pantai ini tampak menjorok diantara rumah-rumah masyarakat. Pantai ini sangat dekat akan pemukiman masyarakat, pantai ini tidak terlalu dikenal oleh wisatawan-wisatawan luar dari Kabupaten Pesisir Selatan.

Mahasiswa KKN-PPM UNAND yang berada di Nagari Pasar Baru menargetkan berkembangnya Pantai Luhung sebagai objek wisata yang dapat dikenal oleh wisatawan di luar Kabupaten Pesisir Selatan. Dikarenakan pintu masuk pantai ini yang terlalu menjorok dan tidak strategis, Pantai Luhung sangat sulit untuk dikenali oleh wisatawan-wisatawan luar. Oleh sebab itu, mahasiswa KKN-PPM Universitas Andalas yang ditempatkan di Nagari Pasar Baru membangun plang-plang di objek wisatawa Pantai Luhung ini.

Dua plang bertuliskan “Selamat Datang di Pantai Luhung” merupakan salah satu upaya yang diberikan oleh Mahasiswa KKN-PPM Universitas Andalas agar nantinya Pantai Luhung ini menjadi salah satu ikon wisatawan di Nagari Pasar Baru. Target dari pembuatan plang wisata di Pantai Luhung ini yaitu dikenalnya Pantai Luhung sebagai objek wisata alam. Selain itu, Mahasiswa KKN-PPM Universitas Andalas juga mengupayakan agar keindahan objek wisata alam ini terjaga. Upaya untuk menjaga keasrian dari Pantai Luhung yaitu dengan menempatkan dua tempat sampah di dua titik rawan pembuangan sampah sembarangan.

Kedua upaya di atas diwujudkan mengingat objek wisata Pantai Luhung ini sangat potensial berkembang dan nantinya akan mampu menjadi pusat perkembangan ekonomi masyarakat Nagari Pasar Baru. Mahasiswa KKN-PPM Universitas Andalas Nagari Pasar Baru berharap dengan dijalankannya upaya mendirikan plang objek wisata, bersih-berrsih pantai, dan menempatkan dua tempat sampah di dua titik rawan pembuangan sampah sembarangan dapat menjadi awal berkembangnya potensi wisata alam Pantai Luhung.

Peran pemerintahan pusat atau pun daerah dalam mengembangkan potensi ini akan lebih berpengaruh nantinya bagi Pantai Luhung. Pengembangan-pengembangan mengenai Pantai Luhung ini seharusnya sudah mulai diperhatikan oleh pemerintahan setempat, sebagai salah satu potensi wisata yang berkembang. Daya tarik wisatawan mengenai objek wisata alam sangat tinggi pada saat sekarang ini.

Pemerintahan setempat dapat memperhatikan beberapa Pantai yang saat ini terkenal di Kabupaten Pesisir Selatan sebagai objek fokus pengembangan Pantai ini. Beberapa hal juga dapat diperhitungkan seperti elastisitas harga penawaran wisata, memadukan wisata alam dengan kebudayaan dan tradisi, bekerja sama dengan lembaga non pemerintahan dalam mengembangkan potensi wisata Pantai Luhung.

Tidak hanya pemerintahan daerah saja yang harus memperhatikan potensi berkembangnya Pantai Luhung, tetapi masyarakat setempat diharapkan mulai mengembangkan objek wisata ini. Banyak hal yang dapat terjadi apabila Pantai Luhung menjadi salah satu objek wisata yang maju dan berkembang. Salah satu dampak terbesar ialah meningkatnya kegiatan ekonomi masyarakat di sekitar Pantai Luhung. Kesempatan-kesempatan besar nantinya harus lebih diperhatikan, mengingat Pantai Luhung salah satu pantai yang indah di Kabupaten Pesisir Selatan. (*)

Penulis: */Mahasiswa KKN-PPM UNAND Nagari Pasar Baru.

Related posts