Kemenpora RI dan organisasi pemda teken Kesepakatan Bangun Pelayanan Kepemudaan

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.com, BOGOR – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) teken komitmen bersama Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi), Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) dan Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) percepat penyusunan Rencana Aksi Daerah pelayanan kepemudaan.

Ketua Apeksi, Bima Arya, saat dikonfirmasi di Kota Bogor, Sabtu, mengatakan kolaborasi Apeksi bersama organisasi daerah lain dan kementerian untuk memperkuat pemuda Indonesia.

Read More

“Kolaborasi ini diwujudkan dengan penandatanganan komitmen bersama kemarin di Jakarta. Apeksi bersama yang lain ingin memperkuat pemuda,” ujar Bima.

Menurut Bima, kesepakatan ini merupakan akselerasi untuk penguatan strategi dengan landasan hukum kolaborasi ini ke depan. Selain itu harus punya rencana aksi daerah yang digarap serius dan dituangkan dalam bentuk dokumen.

Penandatanganan dilakukan saat Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepemudaan dan Keolahragaan 2023 di Jakarta, 8 September 2023.

Bima menekankan harus ada strategi yang sistematis bersama pemuda menuju generasi emas 2045. Untuk itu Apeksi segera berkoordinasi terkait percepatan rencana aksi daerah kepemudaan.

Dalam pertemuan komitmen bersama, Jumat (8/9), Menpora Dito Ariotedjo menyampaikan tujuan rapat koordinasi nasional untuk meningkatkan kapasitas kelembagaan koordinasi, sinkronisasi, harmonisasi, kebijakan Kemenpora dengan pusat, provinsi, kabupaten, kota, serta stakeholder kepemudaan dan keolahragaan.

“Selain itu sebagai bagian komitmen Kemenpora untuk mensinergikan keolahragaan dan kepemudaan menjadi satu kesatuan yang saling mendukung untuk menguatkan pembangunan nasional,” kata Dito.

Sementara Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyebut rapat koordinasi pemuda dan olahraga ini adalah yang pertama kalinya digelar dalam sejarah Kemenpora.

“Tentu ini harus kita apresiasi dan sambut baik gagasan Mas Menpora dalam menggelar rapat ini,” kata Menko Muhadjir.

Ia berharap pertemuan antara pemerintah pusat dan daerah ini bisa menghasilkan gagasan atau ide yang bermanfaat untuk kepentingan kepemudaan dan keolahragaan di Tanah Air. Sebab, urusan kepemudaan dan keolahragaan harus bersinergi. Tak bisa dilakukan oleh satu pihak saja, katanya.

Oleh karena itu ia mengharapkan dari rakornas ini bisa terbangun kolaborasi nyata antara pemerintah pusat dan daerah dalam menjalankan program-program strategis.

Penandatanganan komitmen bersama juga dilakukan Kemenpora bersama Tentara Nasional Indonesia (TNI) tentang pelaksanaan Tridarma Ekakarma di Bidang Kepemudaan dan Keolahragaan. (antaranews.com)


Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Minangkabaunews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Related posts