Kemeriahan Pemilihan Uda-Uni di Menara Songket Solok Selatan

  • Whatsapp

Padang Aro – Kabupaten Solok Selatan dipercaya sebagai tuan rumah pemilihan han duta wisata Uda – Uni dan malam Grand Final Pemilihan Uda Uni Sumatera Barat 2023 dilakukan di Menara Songket.

Menara songket merupakan salah satu ikon wisata budaya di Solok Selatan dan perwakilan Uda Uni dari kabupaten/kota se-Sumatera Barat akan mengambil background Menara Songket yang indah apalagi pelaksanaannya pada malam hari akan menambah keindahan dilokasi tersebut.

Menara Songket ini berlokasi di Kawasan Saribu Rumah Gadang yang pernah dinobatkan sebagai Kampung adat terpopuler pada anugerah API dan terletak di Nagari Koto Baru, Kecamatan Sungai Pagu.

Pada ajang pemilihan Uda-Uni tahun ini Kabupaten Solok Selatan diwakili oleh Uda Uni Solok Selatan 2023 terpilih, yakni Uda Diaz Almaraghi dan Uni Faiha Athahillah.

Bupati Solok Selatan Khairunas mengatakan, Pemkab setempat mengapresiasi dan menyambut baik pelaksanaan Grand Final Uda Uni Duta Wisata Provinsi Sumatera Barat di kabupaten ini.

Pemerintah juga menyambut dengan tangan terbuka untuk kunjungan dan kegiatan lainnya yang akan dilaksanakan di Solok Selatan.

Dia berharap, seluruh Uda Uni yang mewakili daerahnya masing-masing tetap aktif berkarya dan memberikan kontribusi untuk pembangunan daerah.

“Besar harapan kami kepada anak-anakku para finalis Uda Uni yang dinyatakan sebagai juara, jadilah duta wisata yang aktif berkarya dan berkontribusi dalam pembangunan Daerah, bangsa dan negara,” katanya.

Para Uda Uni ini diharapkan berinovasi dalam memperkenalkan Sumatera Barat di mata wisatawan lokal maupun mancanegara dengan menggunakan teknologi.

Selain itu, para duta wisata ini juga diharapkan untuk menjadi contoh teladan bagi anak-anak muda lainnya di seluruh kabupaten/kota asalnya.

“Pesan saya, agar ananda sekalian tidak hanya berfokus terhadap promosi wisata semata, melainkan kalian harus memahami program-program pemerintah daerah dan pemerintah provinsi yang nantinya dapat disosialisasikan kepada masyarakat,” pungkasnya.

Ketua Dekranasda Sumatera Barat Harneli Mahyeldi mengatakan dalam pemilihan ini diharapkan tidak hanya menghasilkan duta wisata yang mengedepankan fisik saja, namun juga mengedepankan kemampuannya, keramahan, dan penilaian lainnya.

“Bukan didasarkan cantk fisik saja tapi kencantikan dari dalam , keramahan, keluasan ilmu, dan kemampuan berbahasa. Karena kita tahu gimana pengembangan pariwisata di Sumatera Barat,” katanya.

Diharapkan pada Uda Uni ini ke depan bisa mempromosikan wisata di provinsi sekaligus menggaet lebih banyak lagi wisatawan untuk berkunjung, baik dari Indonesia maupun dari luar negeri.

Dalam penyelenggaraan malam grand final dengan guyuran hujan, namun para finalis Uda Uni tetap memberikan penampilan terbaiknya dalam penilaian akhir.

Pemilihan Uda Uni DUta Wisata Provinsi Sumatera Barat 2023 ditutup dengan diumumkannya pemenangnya.

Dipuncak acara Uda Sumbar diperoleh oleh perwakilan Kota Solok dan Uni dari Kota Bukittinggi.


Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Minangkabaunews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Related posts