Kepala BPJS Henny Nursanti Sebut Manfaat Aplikasi Mobile JKN bagi Peserta

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.com, BUKITTINGGI – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan telah melakukan beragam perubahan kearah yang lebih baik dari segi peningkatan mutu layanan terhadap Peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Peningkatan layanan kepada Peserta JKN diwujudkan dengan terciptanya digitalisasi layanan agar masyarakat dapat merasakan Program JKN yang mudah, cepat dan setara.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bukittinggi Henny Nursanti mengatakan bahwa digitalisasi layanan ini bertujuan dalam memberikan kemudahan layanan bagi Peserta JKN.

“Sampai tahun 2024 ini, BPJS Kesehatan selalu berupaya dalam memberikan pelayanan terbaik terhadap Peserta JKN. Kami selalu mendengarkan setiap keluhan dari masyarakat untuk memberikan pelayanan lebih baik lagi ke depannya,” kata Henny dalam keterangannya, baru-baru ini.

“Salah satunya dengan adanya solusi pelayanan non tatap muka seperti yang biasa kami sebut ini, mampu menghadirkan kenyamanan serta kemudahan bagi Peserta JKN ketika berinterakasi melalui kanal-kanal yang kami miliki. Salah satu di antaranya yang sering kami sosialisasikan kepada masyarakat adalah aplikasi Mobile JKN,” sambungnya.

Henny menjelaskan bahwa melalui aplikasi Mobile JKN, beragam fitur dapat dirasakan manfaatnya secara langsung. “Dengan adanya Mobile JKN, Peserta JKN sudah mampu dalam mendapatkan layanan administrasi melalui non tatap muka. Peserta dapat mengakses dimanapun dan kapanpun,” ungkapnya.

Henny sebut Beragam fitur yang terdapat dalam aplikasi Mobile JKN menjadikan aplikasi ini mampu memberikan kecepatan akses pelayanan administrasi dengan beragam fitur di dalamnya.

“Sebagian dari Peserta JKN terkadang terkendala dalam mendapatkan pelayanan administrasi ke kantor cabang. Mulai dari jauhnya akses menuju kantor ataupun tidak ada waktu untuk melakukan pengurusan administrasi.”

“Maka dari itu Aplikasi Mobile JKN sangatlah mudah untuk digunakan dimanapun dan kapanpun. Cukup dalam genggaman semuanya sudah dapat dirasakan,” sebutnya.

Henny juga menyampaikan bahwa ada beragam fitur tersedia untuk Peserta JKN guna mempermudah pelayanan administrasi. Ia mengungkapkan bahwa sekarang mengakses informasi Peserta JKN sudah sangat mudah melalui Mobile JKN ini.

“Aplikasi mobile JKN memungkinkan peserta untuk dengan mudah mengakses informasi pribadi mereka, termasuk status kepesertaan, data keluarga yang terdaftar, dan informasi penting lainnya terkait keanggotaan JKN.”

“Peserta dapat melihat secara langsung e-kartu digital mereka, mencakup nomor peserta, nama, dan foto, untuk kemudahan saat menerima pelayanan kesehatan,” terangnya.

Henny juga menjelaskan di salah satu fitur yang ada di Mobile JKN, peserta juga bisa mengakses info riwayat pelayanan kesehatan yang diterimanya selama menjalani perawatan di fasilitas kesehatan. Salah satu fitur menarik aplikasi ini ialah I-Care JKN. Fitur ini menyediakan akses cepat ke riwayat pelayanan kesehatan peserta.

“Fitur ini juga dengan mudah dapat melihat daftar kunjungan ke dokter, rawat inap, resep obat, dan prosedur medis lainnya yang telah diakses melalui Program JKN.
Ini memberikan kontrol lebih kepada peserta dalam memantau penggunaan jaminan kesehatan mereka,” jelasnya.

Salah seorang Peserta JKN, Dewi (35) merasakan betul kehadiran Mobile JKN banyak membantu dirinya dalam pengurusan administrasi JKN.

“Aplikasi ini sungguh memudahkan saya dalam mengakses informasi tentang jaminan kesehatan saya dan keluarga. Saya bisa melihat riwayat kunjungan dokter, skrinning Riwayat kesehatan, dan bahkan menemukan faskes terdekat tanpa harus repot-repot pergi ke kantor BPJS. Benar-benar revolusioner,” ungkapnya.

Dewi juga sebut bahwa prosesnya cepat dan praktis membuat Aplikasi Mobile JKN mampu menghilangkan kerumitan dalam pengurusan administrasi. Ia merasa sangat terbantu dengan kehadiran Aplikasi Mobile JKN dalam memenuhi kebutuhannya selama ini.

“Aplikasi Mobile JKN sudah sangat membantu saya sebagai pengguna JKN. Apalagi sebagai Ibu Rumah Tangga sekaligus juga bekerja, saya jadi hemat waktu. Semoga aplikasi ini terus berkembang dan semakin baik lagi tentunya,” tutup Dewi. (Jamkesnews)


Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Minangkabaunews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Related posts