Kesalehan Jadi Rahmat Seseorang Menuju Surga

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM,PADANG PANJANG,- Surga dengan keindahan, kebahagiaan abadi, tidak ada kesusahan maupun kesakitan, diisi oleh paras-paras muda nan rupawan, semua itu adalah karunia yang penuh berkah dan rahmat dari Allah, lantaran kesalehan  yang diperjuangkan hamba-hambaNya di dunia.

Demikian di antaranya yang disampaikan Ustadz Dr. Budi Santoso, M.Ag pada Subuh Mubarakah di Masjid Jihad, Ahad (22/5/2022). Kegiatan ini turut dihadiri wali kota diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Setdako, Zulkifli, S.H.

Ustadz Budi menukilkan Al Qur’an Surat Ar Ra’d Ayat 23 yang berbunyi “Tempat kesudahan yang baik itu adalah surga-surga ‘Adn; mereka masuk kedalamnya bersama dengan orang yang saleh yang beriman dan taat kepada Allah dari nenek moyangnya, pasangan-pasangannya, dan anak cucunya”.

Dikatakannya, kesalehan yang membuat Allah merahmati sehingga membawa ke surga. Diantaranya karena seseorang itu melaksanakan shalat dan mendirikannya dalam kehidupan sehari-hari. 

“Orang yang shalat itu peduli sesama, tidak sombong, tidak pendendam, mendoakan kebaikan bagi orang-orang di sekelilingnya,” ujarnya.

Lebih lanjut, orang yang saleh mengajak orang lain berbuat baik dan melarang berbuat mungkar. “Ini kewajiban sebagai muslim. Jadilah orang yang mengajak orang lain berbuat baik. Berarti sebagai pribadi muslim itu disuruh mengajak orang lain berbuat baik dan meninggalkan kemungkaran,” katanya.

Orang yang melihat kemungkaran, lanjutnya  harus bertindak, tidak diam saja. “Bila ada kekuasaan, ubah dengan kekuasaan, ubah dengan tangan. Bila tidak ada kekuasaan, sampaikan dengan lisan atau persuasif,” tuturnya.

Kemudian, orang yang saleh, selalu membaca, memahami dan mengamalkan  Al Qur’an. Membaca ayat Allah yang tersurat maupun yang tersirat seperti alam semesta ini. “Sinari rumah kita dengan bacaan Al Qur’an,” sebutnya.

Sebelumnya Staf Ahli Zulkifli menyampaikan, dukungan atas kegiatan Subuh Mubarakah di Masjid Jihad ini. 

“Subuh Mubarakah merupakan salah satu agenda yang selalu kita upayakan bisa terlaksana dan berjalan secara kontinu dalam upaya mewujudkan program strategis tahun 2018-2023. Dalam bidang keagamaan kita mencanangkan program Gelora Serambi Mekkah,” ungkapnya.

Adapun bentuk kegiatannya antara lain Maghrib Mengaji, Subuh Mubarakah, Kampung Tahfizh dan Smart Surau. Di samping itu, Pemko juga mendukung terlaksananya kegiatan Wirid Remaja dan Wirid Majelis Taklim. (Edi Fatra/ris).

Related posts