Ketahanan Pangan, Puluhan Hektar Sawah Tumbuh Subur di Dusun Pogari Mentawai

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM, MENTAWAI – Puluhan hektar sawah yang sudah siap tanam dan menunggu hasil buah di hamparan wilayah Dusun Pogari Desa Goisooinan Kecamatan Sipora Utara Kabupaten Kepulauan Mentawai nampak tumbuh subur.

Saat ini, masyarakat petani Dusun Pogari saat dikunjungi oleh Minangkabaunews.com dilokasi, sedang sibuk melakukan pembersihan lahan yang diketahui tanaman padi sudah masuk 2 bulan, dan terlihat tumbuh dengan baik dan diperkirakan akan terjadi musim panen pada bulan Mei mendatang.

Read More

Jusmen salah satu warga Dusun Pogari ditemui dilapangan mengatakan, penamaan padi sudah berlangsung dua bulan. Penanaman padi harus dilakukan serentak, dari Pembersihan lahan, persiapan bibit, hingga penanaman.

Ini harus dilakukan serentak dengan petani lainnya. Tujuan penanaman serentak itu agar tanaman sawah tumbuh sempurna. Penanaman serentak juga menjadi alasan agar tanaman padi tidak dimakan hama, burung, hingga tikus. Kalau serentak dilakukan hama tidak terlalu menyerang karena hamparan sawah sudah cukup luas.

Misalnya kalau musim buah, burung burung pemakan biji padi tidak fokus pada satu hamparan saja, sehingga hasil buah menjadi lebih baik, tutur Jusmen. Senin (10/04/2023)

Jusmen menyebutkan, selama ini sekali panen saja hasil padi memang cukup lumayan. Dan kebutuhan keluarga dapat tercukupi. Dengan hasil yang maksimal, masyarakat khususnya Dusun Pogari tidak lagi membeli Beras.

“Kita berharap tanaman padi yang sudah ditanam saat ini, nantinya akan menghasilkan buah maksimal”, ujarnya.

Dengan hasil nantinya, ketahanan pangan di Dusun Pogari pastinya dapat terpenuhi, dan masyarakat petani bisa memenuhi kebutuhan ekonomi hidup keluarga, imbuh Jusmen. (Tirman)


Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Minangkabaunews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Related posts