Ketua Forikan Bagikan Makan Tambahan Berbahan Ikan, Ini Sasarannya

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.com, Pariaman -Dalam rangka mengkampanyekan Gerakan memasyarakatkan makan Ikan (Gemarikan), Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kota Pariaman Lucy Genius bagikan makanan tambahan berbahan ikan kepada anak-anak TK dan PUAD di Kota Pariaman, Senin (4/9/2023).

Ketua Forikan yang sekaligus Bunda PAUD Kota Pariaman Lucy Genius usai pemberian tambahan makanan ikan mengatakan, bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk mengkampanyaken Gemarikan kepada anak-anak di Kota Pariaman.

“Mengkonsumsi ikan sangat bagus untuk tumbuh kembang anak karena ikan menjadi salah satu sumber protein utama dalam pola konsumsi dan paling utama meningkatkan gizi sebagai upaya untuk meningkatkan kecerdasan anak. Untuk itu, kita hari ini mengadakan sosialisasi langsung kepada anak – anak bahwa makan ikan sangat bagus untuk otak kita. Tidak hanya sosialisasi, kita sekaligus berikan tambahan makanan ikan berupa cemilan berbahan ikan kepada anak TK Pembina dan TK/PAUD Zam Zam,” kata Lucy.

Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan atau yang dikenal dengan GEMARIKAN bertujuan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat agar gemar mengkonsumsi ikan sehingga tercipta generasi yang sehat, kuat dan cerdas. Gemarikan dapat dimulai dari keluarga dimana anak-anak sekarang lebih suka makan makanan cepat saji berbahan dasar non ikan  banyak tersedia di pasaran. Oleh karena itu untuk mensiasati hal tersebut yaitu dengan mengubah bentuk masakan ikan menjadi bentuk lain seperti bakso ikan, nugget ikan, sosis ikan dan lainnya.

“Ikan bukan barang mahal dan bukan barang mewah serta sangat mudah mendapatkannya. Apalagi Kota Pariaman dengan kondisi laut yang banyak menghasilkan ikan segar. manusia membutuhkan otak yang sehat, cerdas dan ikan dapat memenuhi kebutuhann gizi,“ tambahnya.

“Semoga saja dengan terlaksananya sosialisasi ini, tumbuh kesadaran gizi individu maupun kolektif khususnya para ibu untuk lebih banyak menyediakan ikan sebagai lauk pada santapan keluarga sehingga anak – anak kita akan bertambah banyak menyukai ikan,” harapnya.

Pada kegiatan sosialisasi ini turut hadir Plt. Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan  Anilta, Bunda PAUD Kecamatan Pariaman Tengah Ny.Yuri Febriadi, Lurah Pondok II Kecamatan Pariaman Tengah dan pengurus Forikan Kota Pariaman. (*)

Related posts