Ketua GOW Sebut Pencegahan Dini HIV Aids Harus Dilakukan dengan Intensif

MINANGKABAUNEWS.COM,PADANG PANJANG – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Padang Panjang mengelar seminar dengan tema “Satukan Langkah Cegah HIV, Semua Setara Akhiri AIDS.

Kegiatan ini dibuka Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Nova Era Yanthy Asrul, di Auditorium Mifan Waterpark, didampingi Kepala Dinkes, dr. Faizah, Selasa (6/12/2022).

Read More

Suasana saat acara seminar di Auditorium Mifan Waterpark Kota Padang Panjang. 

Membacakan sambutan dari Menteri Kesehatan Era Asrul menyampaikan, tema acara ini dimaksudkan untuk memperkuat komitmen seluruh pemangku kepentingan agar bekerja bersama dalam pencegahan dan pengendalian HIV menuju tercapainya Ending AIDS 2030.

“Pemahaman masyarakat Indonesia tentang pencegahan dan pengendalian HIV, harus semakin kita tingkatkan. Agar semua orang mampu mencegah diri sendiri, keluarga dan masyarakat lingkungannya dari penularan HIV,” katanya.

Era menambahkan, promosi kesehatan, pencegahan, dan deteksi dini HIV/AIDS harus dilakukan dengan intensif. Setiap orang harus tahu status HIV-nya.

“Jika ada yang berstatus HIV positif, maka mereka harus mendapatkan pengobatan ARV seumur hidup agar tetap sehat, produktif dan mempunyai kualitas hidup yang tinggi,” imbuhnya.

Era juga mengajak seluruh masyarakat dengan seluruh pihak untuk meningkatkan komunikasi, koordinasi, integrasi, dan sinergi dalam mencapai Ending AIDS 2023.

Sementara itu, Dokter Faizah mengatakan, seminar ini diikuti LPM, Karang Taruna, PKK se-Kota Padang Panjang dan Gerakan Anti Narkoba Nasional (GANN) dengan narasumber Ketua Perhimpunan Konselor CVT HIV (PKVHI) Wilayah Sumatra Barat (Sumbar), Katherina Welong, SKM, MARS.

dr. Faizah menyampaikan ekspos terkait kepesertaan seminar.

“Kita berharap melalui seminar ini bisa menambah pengetahuan terkait HIV dan mereka akan menjadi kader-kader yang akan menyosialisasikan langsung ke masyarakat nantinya,” pungkasnya. (Edi Fatra)

Related posts