Ketua LPM Padang Irwan Basyir Turun Bantu Penyintas Longsor di Koto Baru Lubeg

MINANGKABAUNEWS.com, PADANG – Sungguh berat ujian yang dialami oleh ibu Erna. Di usianya yang menjelang senja, hidup sendirian tanpa suami dan anak-anak, Wanita ini masih diuji dengan musibah yang menimpanya. Rumah yang didiaminya dan juga sebagai tempat usaha untuk menopang hidup sehari-hari dengan berjualan makanan, pada Rabu, 21/9/2022 yang lalu runtuh sebahagian oleh erosi sungai yang ada dibelakang rumahnya.

Ketua DPD LPM Kota Padang Irwan Basir Dt. Rajo Alam, SH.MM, sewaktu mendapat informasi langsung datang meninjau rumah yang ambruk tersebut pada Selasa, 27/9/2022 yang berlokasi di RT 01 RW 04 Kelurahan Koto Baru Banuaran Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang.

Read More

Dari keterangan ibu Erna si pemilik rumah, musibah yang menimpa rumahnya tersebut terjadi pada saat hujan yang turun pada Rabu malam yang lalu. Hujan yang sangat deras mengakibatkan air sungai yang tepat berada dibelakang rumahnya menjadi besar dan mengikis tanah di pondasi rumah bagian belakang. Akibatnya bagian belakang rumahnya jadi ambruk karena tanahnya dibawa oleh air sungai yang deras tersebut.

Mendengar cerita dari ibuk Erna tersebut, Ketua DPD LPM Kota Padang Irwan Basir Dt. Rajo Alam, SH.MM, sangat prihatin dengan musibah yang terjadi. Apalagi dengan kondisi kehidupan ibuk Erna yang sudah tua dan tinggal sendirian.

Pada kesempatan itu Irwan Basir menyampaikan setiap musibah yang datang pasti ada hikmah dibaliknya. Setidaknya dengan kejadian ini mendidik kita untuk lebih sabar dari setiap ujian dan selalu bertawakal dan menerima musibah ini dengan ikhlas.

” Selama kita hidup, musibah itu pasti tetap ada. Karena hidup itu memang tempatnya musibah. Musibah adalah ujian dari Allah Swt. kepada kita untuk mendidik kita bersikap sabar dan bertawakal serta menerima musibah ini dengan rasa ikhlas. Dibalik setiap musibah, pasti ada hikmahnya,” ujar Irwan Basir.

Lebih lanjut dikatakan, salah satu hikmah dibalik musibah ini adalah untuk membuka hati bagi saudara kita yang mempunyai rezeki lebih untuk bermurah hati membantu mereka yang ditimpa musibah. Bantuan itu sangat berarti untuk meringankan beban dari saudara kita yang ditimpa musibah tersebut.

“Dengan musibah ini, kita harapkan akan datang nanti saudara kita yang punya rezeki lebih untuk mengulurkan tangannya meringankan beban ibuk Erna. Dan itu adalah salah satu hikmah dari musibah yang menimpa ibuk kita ini,” tukas tokoh yang juga ketua Dekopinda Kota Padang ini.

Sementara itu, Lurah Koto Baru Banuaran Bapak Donasri mengatakan sangat berterima kasih sekali atas kepedulian pengurus DPD LPM Kota Padang yang diketuai oleh Dt. Irwan Basir yang telah membantu warganya yang tertimpa musibah.

“Atas nama pihak pemerintahan kelurahan, saya sangat berterima kasih sekali atas kepedulian pengurus DPD LPM Kota Padang yang diketuai oleh Pak Dt. Irwan Basir yang telah membantu warga kami yang tertimpa musibah. Dan ini merupakan sitawa sidingin bagi ibuk Erna atas kedatangan Pak Datuk beserta rombongan,” ungkap Lurah Donasri.

Irwan Basir yang datang bersama rombongan didampingi Wakil Ketua DPD LPM Kota Padang Afma Sasma Tampan, SH, Sekretaris Akhiruddin, S.Pd, Wakil Sekretaris Martias Sarjanny, SE dan Bidang Organisasi Andi Mairizal.

Kedatangan Pengurus DPD LPM ini disambut oleh Ketua DPC LPM KecamatanLubuk Begalung Zahirsyah Bob, Lurah Kelurahan Koto Baru Donasri, Ketua LPM Kelurahan se-Kecamatan Lubuk Begalung, ketua Rt dan Rw serta tokoh masyarakat lainnya.

Juga pada kesempatan itu turut hadir Tuako Alam, pemuka warga Tiong Hoa dari marga THE yang selama ini cukup peduli dalam membantu warga masyarakat.

Untuk membantu ibuk Erna, Irwan Basir memberikan sumbangan berupa uang tunai yang dapat digunakan untuk membeli bahan bangunan memperbaiki rumah. Bantuan serupa juga diberikan oleh Tuako Alam yang berupa uang tunai untuk dapat dimanfaatkan dalam memperbaiki bangunan rumahnya. Bantuan tersebut langsung diterima oleh ibuk Erna disaksikan oleh Lurah Donasri dan Ketua DPC LPM Kecamatan Lubuk Begalung.

Disamping itu, Irwan Basir dan Tuako Alam juga menyerahkan bantuan bagi korban kebakaran rumah yang terjadi beberapa hari yang lalu di Kelurahan Tanah Sirah Lubuk Begalung yang mengakibatkan 1 korban meninggal dunia.

Ketua LPM Kelurahan Tanah Sirah Bapak Mardanis mewakili warganya menerima bantuan uang tunai dari Ketua DPD LPM Kota Padang Irwan Basir dan Tuako Alam, sangat berterima kasih sekali dengan kepedulian dua tokoh ini. Dia berjanji akan langsung menyerahkan bantuan diberikan kepada keluarga korban yang mengalami musibah kebakaran tersebut.

Related posts