Ketua MPI PWM Sumbar Prof Salman dikukuhkan jadi Guru Besar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

MINANGKABAUNEWS.COM, PADANG — Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Universitas Ekasakti Prof. Dr. Salman M. Noer, M.Pd dikukuhkan sebagai Guru Besar dalam bidang Manajemen Pendidikan, Senin, (15/8/2022).

Pada pidato pengukuhan Jabatan Guru Besar di Auditorium Universitas Ekasakti, Salman membawakan pidato yang berjudul Transformasi Manajemen Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0.

Salman yang juga Ketua Majelis Pustaka dna Informasi PWM Sumbar ini menyampaikan bahwa Pembentukan karakter moralita humanisma dan religiosita pada peserta didik bukan hanya tanggung jawab pimpinan pendidikan dan guru atau dosen, tetapi harus bersinergi dengan semua pihak, baik di lingkungan sekolah sendiri, mulai dari pimpinan pendidikan, guru atau dosen, tenaga kependidikan, maupun orang tua dan masyarakat.

Lanjutnya, Keterlibatan orang tua sangat diperlukan, agar semua program yang berkaitan dengan pembentukan karakter peserta didik di sekolah atau pendidikan tinggi bisa seiring dengan keinginan dan dukungan orang tua. Tri sentris hubungan sinergitas antara satuan pendidikan, keluarga, dan masyarakat ini dikenalkan oleh Ki Hajar Dewantara sebagai konsep “Tri Sentris”. Di mana Kepemimpinan kependidikan yang religius dan humanistik merupakan gagasan kepemimpinan yang didasari oleh nilai-nilai religi dan nilai humanisme dalam menjalankan praktek kepemimpinannya.

“Kami mengucapkan selamat dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Prof Dr. Salman atas kontribusi keilmuan dan pencapaian jabatan akademik tertinggi dalam dunia pendidikan, ” ujar Rektor Universitas Eksakti Dr. Otong Rosadi.

Dia berharap dengan pengukuhan tersebut dapat menginspirasi dan menghasilkan karya-karya akademik terbaik yang dapat membawa kemaslahatan bagi Universitas Ekasakti, masyarakat, bangsa dan negara, serta dunia pendidikan khususnya.

“Semoga pengukuhan pada hari ini mampu menginspirasi para dosen lainnya, khususnya para dosen Fakultas Pendidikan dan keguruan untuk segera menjadi guru besar, membangun budaya akademik yang tinggi, dan memacu publikasi ilmiah untuk mendukung peningkatan prestasi dan reputasi Universitas Ekasakti, ” imbuh Rektor.

Related posts