Ketum MUI Sumbar Buya Gusrizal Lantik Pengurus MUI Kabupaten Pasaman Masa Khidmat 2020-2025

MINANGKABAUNEWS.COM, PASAMAN, Ketum MUI Sumatera Barat, Buya Gusrizal Gazahar Dt. Palimo Basa resmi melantik dan mengukuhkan kepengurusan Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Pasaman untuk masa khidmat 2020-2025, di aula lantai 3 Kantor Bupati Pasaman, Jum’at,  (26/11/2021).

Pelantikan ini dihadiri Bupati Pasaman H. Benny Utama dan Wakil Bupati Pasaman Sabar AS.

DP MUI yang dilantik antaralain, H. Nasbin Panyahatan (Ketua Umum), Ahmad Yani M.Pd (Ketua bidang Hukum dan Perundang undangan) ,H. Syafriandi, SH (Ketua bidang Ekonomi dan Pemberdayaan Perempuan), Yulisman (Ketua bidang Dakwah, Pendidikan dan Penelitian, Martias Dt Rangkayo Basa (Ketua bidang Ukhuwah, KUB, Informasi dan Komunikasi), Rizal .SAg MA (Sekretaris Umum), Anifal Ardi S.Pd I (Sekretaris I) Afdal Ahmad (Sekretaris II) , Taufiq.S.Ag (Bendahara Umum) , Darlisma Thalib, S, Pd (Bendahara I), Hj. Sulastri (Bendahara II).

Selain itu juga dilaksanakan Pelantikan dan pengukuhan Personalia pengurus Dewan MUI Kabupaten Pasaman oleh ketua MUI Pasaman H. Nasbin Panyahatan.

Ketum MUI Sumatera Barat Buya H. Gusrizal Gazahar Dt. Palimo Basa mengungkapkan MUI Sumatera barat yakin Pemerintah Kabupaten Pasaman dapat selaras dengan kepengurusan yang baru. Karena MUI ini merupakan induk dari seluruh organisasi Islam yang ada. untuk itu ia menitipkan kepengurusan yang baru ini kepada Bupati Pasaman,

Selain itu ia juga mengatakan, peran Pengurus MUI harus dapat memberikan kontribusi terhadap pemerintah setempat apa lagi terhadap ummat.

Bupati Pasaman H. Benny Utama menyambut baik seiring bakal diselenggarakannya pelantikan dan pengukuhan kepengurusan Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Pasaman untuk masa khidmat 2020-2025.

Dirinya menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh pengurus MUI yang telah dilantik dan dikukuhkan. Benny utama berharap dengan dikukuhkanya kepengurusan tersebut tentunya akan dapat meningkatkan motivasi bagi pengurus untuk mengemban amanah dengan sebaik baiknya.

Ia juga menyebutkan, Kehadiran MUI sangatlah di butuhkan sebagai sebuah induk organisasi umat islam untuk menyatukan ormas Islam yang ada.

Disamping itu MUI harus dapat menjadi lampu penerang di tengah tengah umat terus bersama sama menciptakan situasi yang kondusif, aman dan tertib di tengah tengah umat, menjaga solidaritas antar umat beragama, tidak terjebak dengan terjerumus dalam paham yang sesat maupun radikal, serta tetap eksis di tengah tengah masyarakat.

Dalam hal ini Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman telah memberikan perhatian besar terhadap peningkatan keimanan dan pengamalan Islam , komitmen tersebut sudah termasuk dalam visi dan misi Pemerintah Daerah dengan program prioritas yaitu Pasaman yang beimtag (beriman dan taqwa) , tambahNya.

Sementara itu untuk rencana strategis yang akan di laksanakan diantaranya , Menumbuh kembangkan lembaga pendidikan ke agamaan, gerakan 1000 (seribu Tahfiz), gerakan Sibuh berjamaah/ Subuh mubarakhah, peningkatan keagamaan Islamic center , Pemakmuran Masjid dan Musholla, Peningkatan kegiatan remaja Masjid dan majelis taklim/ Asmaul Husna di semua tingkat pendidikan, Peningkatan kapasitas Imam, khatib, dan guru MDTA / TPQ / TPSQ, serta pemberian intensif honor bagi guru MDTA, TPQ dan TPSQ.

“Untuk itu Pemerintah Daerah sangat serius memperhatikan kehidupan beragama ,dan akan terus untuk di tingkatkan,” Tutup Benny Utama. (Verdi)

Related posts